Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint-iSpring Terintegrasi Pertanyaan Prompting Pada Materi Sifat Keperiodikan Unsur Kelas X SMA/MA
Abstract
Salah satu hal yang paling berpengaruh dalam proses pembelajaran adalah media pembelajaran. Media pembelajaran akan menumbuhkan keinginan belajar siswa, membantu siswa dalam mengingat materi pembelajaran, dan membuat siswa aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran PowerPoint-iSpring pada materi sifat keperiodikan unsur kelas X SMA/MA untuk membantu memahami konsep dengan bantuan pertanyaan prompting. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4-D yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate (tidak dilakukan). Instrument penelitian berupa lembar validasi konstruk dan lembar validasi konten. Hasil analisis lembar validitas konstruk menunjukkan skor rata-rata momen kappa (k) yaitu 0.91. Hasil analisis lembar validitas konten menggunakan Lawshe’s CVR dengan indeks validitas konten (CVI) yaitu 1. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa media pembelajaran PowerPoint-iSpring terintegrasi pertanyaan prompting pada materi sifat keperiodikan unsur sudahv valid.References
2. Damayanti D, Dwiningsih K. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Blended Learning Pada Materi Sistem Periodik Unsur Kelas X SMA. UNESA J Chem Educ 2017;6(1):16–23.
3. Tafonao T. Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. J Komun Pendidik 2018;2(2):103.
4. Siregar JR. Peningkatan Keterampilan Guru Menggunakan Media Pembelajaran Melalui Lesson Study Di Sman 04 Merlung Kabupaten Tanjung Jabung Barat Abstrak. 2014;1(1).
5. Mardhiah A, Ali Akbar S. Efektivitas Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Sma Negeri 16 Banda Aceh. Lantanida J 2018;6(1):49.
6. Rusman. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer: Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: Alfabeta; 2012.
7. AFANDI A. Media Ict Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Powerpoint Interaktif Dan Ispring Presenter. J Terap Abdimas 2017;2:19.
8. Yuniasih N, Aini RN, Widowati R. Pengembangan Media Interaktif Berbasis Ispring Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V Di SDN Ciptomulyo 3 Kota Malang. J Inspirasi Pendidik 2018;8(2):85–94.
9. Maryana, Suaedi, Nurdin. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Powerpoint dan Ispring Quizmaker pada Matero Teorema Pythagoras. Penelit Pendidik dan Pendidik Mat 2019;2(3):53–61.
10. Rochma VA, Ibrahim M. BioEdu THE DEVELOPMENT OF ISPRING SUITE 8 -BASED INSTRUCTIONAL MEDIA IN BioEdu. 2019;8(2):312–20.
11. Jamilah N. Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Ispring Presenter Pada Materi Kosakata Bahasa Arab Peserta Didik Kelas V MI Tarbiyatul Athfal Lampung Timur. al Mahāra J Pendidik Bhs Arab 2019;5(1):141–54.
12. Catur Saputro AN, Sari R, Saputro S. Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Blog Untuk Materi Struktur Atom Dan Sistem Periodik Unsur Sma Kelas Xi. J Pendidik Kim 2014;3(2):7–15.
13. Jacobsen DA, Eggen P, Kuchak D. Method for Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar; 2009.
14. Guspatni G, Andromeda A, Bayharti B. Peningkatan Aktivitas Menjawab dan Kualitas Jawaban Mahasiswa dengan Pertanyaan Prompting pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Kimia. J Eksakta Pendidik 2018;2(1):101.
15. Sari, Aulia Diana D. Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII F SMP Negeri 1 Babadan. Jurmas J Mhs Univ Muhammadiyah Ponorogo 2019;3:56–70.
16. Boslaugh S, Paul AW. Statistic in a Nutshell, a desktop quick reference. Beijing, Cambridge, Famham, Koln, Sebastopol, Taipei, Tokyo: O’reilly; 2008.
17. Lawshe CH. A Quantitative Approach to Content Validity. Personel Psycology; 1985.
18. Adyani L, Agustini R, Raharjo R. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbantuan Media Animasi Interaktif Berbasis Game Edukasi Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. JPPS (Jurnal Penelit Pendidik Sains) 2017;4(2):648.
Copyright toward articles published by Entalpi Pendidikan Kimia is hold by Entalpi Pendidikan Kimia. In the other side, Entalpi Pendidikan Kimia also applied CC Attribution 4.0 which means you could 1) share — copy and redistribute the material in any medium or format; and 2) adapt — remix, transform, and build upon the material; for any purpose, even commercially. As long as you give us attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use. Entalpi Pendidikan Kimia also applied Open Access toward each published articles, so the published content will be available freely for public.