Penyusunan Konten Pembelajaran E-Learning Berbasis Aplikasi Moodle pada Materi Asam Basa
Abstract
This research was conducted to develop an e-learning platform using Moodle Application ofacid based topic. This is research and Development (R&D). The Development model used is a 4-D which consist of stage define, design, develop, and disseminate. This research is limited to the stage of development, namely the validity. The E-learning was Validated by 7validators. Data from validity the result were analized using the Aikens'V formula. Based onthe result of the study, it was found that the average Aikens’V of content validity test was0,84 with a category valid and the average Aikens’V of construct validity was 0,81 with acategory valid. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan konten pembelajaran e-learning berbasis aplikasi moodle pada materi asam basa. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model penelitian yang digunakan adalah model 4-D dengan empat tahapan yaitu define, design, develop, dan disseminate. Penelitian ini dibatasi pada tahap pengembangan yaitu penentuan validitas. Validitas dilakukan oleh 7 validator. Data diambil dari angket validitas lalu dianalisis menggunakan rumus formula Aikens’V. Berdasarkan hasil uji validitas konten menunjukkan bahwa rata-rata formula Aikens’V adalah 0,84 dengan kategori valid dan hasil validitas konstruk dengan rata-rata formula Aikens’V adalah 0,81 dengan kategori valid.References
Arianti, V. A., & Zainul, R. (2020). Development of E-Module Based On Discovery Learning On Topic Of Electrolyte and Non-Electrolyte Solutions For Grade X SMA/MA. Edukimia, 2(2), 79-84.
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.
Ihsan, S. M., Agus, R., & Saprizal, H. (2019). Pengembangan E-learning Pada Pembelajaran Kimia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pijar, 14(2), 4.
Lestari, E., & As’ari, A. R. (2013). Pengembangan modul pembelajaran soal cerita matematika kontekstual berbahasa Inggris untuk siswa kelas X. Skripsi. Malang: Universitas Negeri Malang.
Mahirah, B. (2017). Evaluasi Belajar Peserta Didik (Siswa). Jurnal idaarah, 1(2), 11.
Muazizah, N. M., Sri, N., & Edy, C. (2016). Keefektifan Penggunaan E-learning Berbasis Moodle Berpendekatan Guided Inquiry Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 10(2), 9.
Na'imah, N. J., Supartono, & Sri, W. (2015). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan E-learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 9(2), 9.
Ormrod, J. E. (2014). Psikologi Pendidikan 6th. Jakarta: Erlangga
Pratama, Z. L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran E-learning Berbasis Moodle pada Mata Pelajaran Administrasi Server di SMK YPM 1 TAMAN. Jurnal IT-EDU, 2(2), 8.
Purwanto, N. (2006). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Yogyakarta: Remaja Rosdakarya.
Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing.
Setiadi, T. (2019). Pengembangan E-modul Asam Basa Berbasis Discovery Learning Untuk kelas XI SMA/MA. Edukimia, 1(1), 7.
Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
Wahyuningtyas, N., Zainul, R., Adri, M., Wedi, A., Surahman, E., Aisyah, E. N., Oktaviani, H. I., Meilanie, R. S. M., Purnamawati, S. N., & Listyasari, W. D. (2020). Development of Moodle-based Content Learning System in MKDK Student Development Subjects at LPTK in Indonesia. Journal of Physics: Conference Series,
Wartama, I. G. N. P. M. W., Nyoman, I. J., & Kadek, I. S. (2015). Pengembangan E-learning Berbasis Moodle Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VIII Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015 di SMP Laboratorium UNDIKSHA. E-journal Edutech Universitas Pendidikan, 3(2), 10.
Zainul, R., Adri, M., Wahyuningtyas, N., Wedi, A., Surahman, E., Aisyah, E. N., Oktaviani, H. I., Meilanie, R. S. M., Purnamawati, S. N., & Listyasari, W. D. (2020). Development of e-Learning Courses for Subjects about ‘Learn and Learning’with Moodle-based for Prospective Teacher in Indonesia. Journal of Physics: Conference Series.
Copyright toward articles published by Entalpi Pendidikan Kimia is hold by Entalpi Pendidikan Kimia. In the other side, Entalpi Pendidikan Kimia also applied CC Attribution 4.0 which means you could 1) share — copy and redistribute the material in any medium or format; and 2) adapt — remix, transform, and build upon the material; for any purpose, even commercially. As long as you give us attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use. Entalpi Pendidikan Kimia also applied Open Access toward each published articles, so the published content will be available freely for public.