Penyusunan Konten Pembelajaran E-Learning Berbasis Aplikasi Moodle pada Materi Asam Basa

  • Indah Permata Sari Universitas Negeri Padang
  • Rahadian Zainul Universitas Negeri Padang
Keywords: Konten Pembelajaran E-Learning, Asam Basa, Moodle

Abstract

This research was conducted to develop an e-learning platform using Moodle Application ofacid based topic. This is research and Development (R&D). The Development model used is a 4-D which consist of stage define, design, develop, and disseminate. This research is limited to the stage of development, namely the validity. The E-learning was Validated by 7validators. Data from validity the result were analized using the Aikens'V formula. Based onthe result of the study, it was found that the average Aikens’V of content validity test was0,84 with a category valid and the average Aikens’V of construct validity was 0,81 with acategory valid. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan konten pembelajaran e-learning berbasis aplikasi moodle pada materi asam basa. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model penelitian yang digunakan adalah model 4-D dengan empat tahapan yaitu define, design, develop, dan disseminate. Penelitian ini dibatasi pada tahap pengembangan yaitu penentuan validitas. Validitas dilakukan oleh 7 validator. Data diambil dari angket validitas lalu dianalisis menggunakan rumus formula Aikens’V. Berdasarkan hasil uji validitas konten menunjukkan bahwa rata-rata formula Aikens’V adalah 0,84 dengan kategori valid dan hasil validitas konstruk dengan rata-rata formula Aikens’V adalah 0,81 dengan kategori valid.

Author Biography

Indah Permata Sari, Universitas Negeri Padang
Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Negeri Padang

References

Adri, M., Zainul, R., Wahyuningtyas, N., Wedi, A., Surahman, E., Aisyah, E. N., Oktaviani, H. I., Meilanie, R. S. M., Purnamawati, S. N., & Listyasari, W. D. (2020). Development of Content Learning System in Professional Education Subjects for Educational Institutions in Indonesia. Journal of Physics: Conference Series,
Arianti, V. A., & Zainul, R. (2020). Development of E-Module Based On Discovery Learning On Topic Of Electrolyte and Non-Electrolyte Solutions For Grade X SMA/MA. Edukimia, 2(2), 79-84.
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.
Ihsan, S. M., Agus, R., & Saprizal, H. (2019). Pengembangan E-learning Pada Pembelajaran Kimia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pijar, 14(2), 4.
Lestari, E., & As’ari, A. R. (2013). Pengembangan modul pembelajaran soal cerita matematika kontekstual berbahasa Inggris untuk siswa kelas X. Skripsi. Malang: Universitas Negeri Malang.
Mahirah, B. (2017). Evaluasi Belajar Peserta Didik (Siswa). Jurnal idaarah, 1(2), 11.
Muazizah, N. M., Sri, N., & Edy, C. (2016). Keefektifan Penggunaan E-learning Berbasis Moodle Berpendekatan Guided Inquiry Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 10(2), 9.
Na'imah, N. J., Supartono, & Sri, W. (2015). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan E-learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 9(2), 9.
Ormrod, J. E. (2014). Psikologi Pendidikan 6th. Jakarta: Erlangga
Pratama, Z. L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran E-learning Berbasis Moodle pada Mata Pelajaran Administrasi Server di SMK YPM 1 TAMAN. Jurnal IT-EDU, 2(2), 8.
Purwanto, N. (2006). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Yogyakarta: Remaja Rosdakarya.
Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing.
Setiadi, T. (2019). Pengembangan E-modul Asam Basa Berbasis Discovery Learning Untuk kelas XI SMA/MA. Edukimia, 1(1), 7.
Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
Wahyuningtyas, N., Zainul, R., Adri, M., Wedi, A., Surahman, E., Aisyah, E. N., Oktaviani, H. I., Meilanie, R. S. M., Purnamawati, S. N., & Listyasari, W. D. (2020). Development of Moodle-based Content Learning System in MKDK Student Development Subjects at LPTK in Indonesia. Journal of Physics: Conference Series,
Wartama, I. G. N. P. M. W., Nyoman, I. J., & Kadek, I. S. (2015). Pengembangan E-learning Berbasis Moodle Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VIII Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015 di SMP Laboratorium UNDIKSHA. E-journal Edutech Universitas Pendidikan, 3(2), 10.
Zainul, R., Adri, M., Wahyuningtyas, N., Wedi, A., Surahman, E., Aisyah, E. N., Oktaviani, H. I., Meilanie, R. S. M., Purnamawati, S. N., & Listyasari, W. D. (2020). Development of e-Learning Courses for Subjects about ‘Learn and Learning’with Moodle-based for Prospective Teacher in Indonesia. Journal of Physics: Conference Series.
Published
2021-06-17
How to Cite
Sari, I., & Zainul, R. (2021). Penyusunan Konten Pembelajaran E-Learning Berbasis Aplikasi Moodle pada Materi Asam Basa. Entalpi Pendidikan Kimia, 2(2), 1-7. https://doi.org/10.24036/epk.v0i0.101
Section
Articles