Pengembangan Media PowerPoint-iSpring Terintegrasi Pertanyaan Prompting Pada Materi Ikatan Kimia Kelas X SMA/MA
Abstract
Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengembangkan suatu media pembelajaran PowerPoint-iSpring terintegrasi pertanyaan prompting pada materi ikatan kimia kelas X SMA/MA. Penelitian ini jenisnya yaitu research and development (r&d) dengan menggunakan model 4-D. Media pembelajaran PowerPoint-iSpring diintegrasikan dengan pertanyaan menuntun (prompting) guna meningkatkan aktifitas belajar siswa. Pertanyaan dilengkapi dengan kunci jawaban benar ataupun salah. Media pembelajaran PowerPoint-iSpring didalamnya terdapat soal kuis dan soal evaluasi yang dapat mengukur kemampuan siswa dalam memahami materi ikatan kimia. Teknik analisa data yang digunakan berupa lembar validitas dan praktikalitas. Hasil analisis lembar validitas, praktikalitas oleh guru dan praktikalitas oleh siswa berturut-turut didapatkan skor rata-rata k yaitu 0,89, 0,89 dan 0,92 berkategori sangat tinggi. Data yang didapat menunjukkan media pembelajaran PowerPoint-iSpring terintegrasi pertanyaan prompting pada materi ikatan kimia sudah valid dan praktis.References
Arsyad A. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada; 2007.
Boslaugh S, Paul AW. Statistics In a Nutshell, a Destop Quick Reference. Beijing, Cambridge, Famham, Koln, Sebastopol, Taipei, Tokyo: O’reilly; 2008.
Hernawati K. Modul Pelatihan Ispring Presenter. 2010;1–18.
Himmah, F. 2017. Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Ispring Suite 8 Pada Sub Materi Zat Aditif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VII. Pensa: Jurnal Pendidikan Sains, 5(02), 73–82.
Ismail, M., Lukman, & Alio, L. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Ikatan Kimia dengan Menerapkan Strategi Pembelajaran Peta Konsep pada Siswa Kelas X di SMA Negeri I Telaga. Jurnal Entropi, 8(1), 1–10.
Jacobsen, Paul E, Donald K. Methods for Teaching. USA: Person Education; 2009.
Jamilah, N. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Ispring Presenter Pada Materi Kosakata Bahasa Arab Peserta Didik Kelas V MI Tarbiyatul Athfal Lampung Timur. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(1), 141–154. https://doi.org/10.14421/almahara.2019.051-08
Kemendikbud. Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses. 2013;2011:1–13.
Lasmo S, Bektiarso S, Harijanto A. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Teknik Probing-Prompting Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika di SMA. J Pembelajaran Fis Univ Jember. 2017;6(2):166–72.
Land SM. Scaffolding Students ’ Problem-Solving Processes in an Ill-Structured Task Using Question Prompts and Peer Interactions. 2003;51(1):21–38.
Neni, S. 2015. Meningkatkan Penalaran Siswa Terhadap Soal Matematika Berbasis Cerita Melalui Teknik Probing Prompting pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Bagi Siswa Kelas 8 di SMP Negeri 2 Kemranjen. XII. Jurnal Saintek 12(1), 56–66.
Purnamasari N. Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Time Token Arends Kelas XI IPS 2 SMAN 2 Mojokerto Nurlita. Pendidik Ekon. 2017;5(2).
Ristiyani E, Bahriah ES. Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa di SMAN X Kota Tangerang Selatan. J Penelit dan Pembelajaran IPA. 2016;2(1):18.
Sunyono. Identifikasi Masalah Kesulitan dalam Pembelajaran Kimia SMA Kelas X di Propinsi Lampung. J Pendidik MIPA. 2009;10(2):9–18.
Suprapri, E. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Kooperatif Tipe Stad dengan Media PowerPoint Ispring pada Materi Jajargenjang, Layang-Layang, dan Trapesium di Kelas VII SMP. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 1 (1), 57-68.
Susanti, R. 2014. Pembelajaran Model Examples Non Examples Berbantuan Powerpoint untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2), 123–127.
Tri Astuti R, Marzuki H. Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep pada Materi Titrasi Asam Basa Siswa SMA. Orbital J Pendidik Kim. 2018;1(1):22–7.
Trianto. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana; 2009.
Zakaria, Hadiarti D, Fadhilah R. Pengembangan Instrumen Evaluasi Berbasis CBT dengan Software iSpring QuizMaker pada Materi Kesetimbangan Kimia. J Pendidik Mat dan Sains. 2017;5(2):178–83.
Copyright toward articles published by Entalpi Pendidikan Kimia is hold by Entalpi Pendidikan Kimia. In the other side, Entalpi Pendidikan Kimia also applied CC Attribution 4.0 which means you could 1) share — copy and redistribute the material in any medium or format; and 2) adapt — remix, transform, and build upon the material; for any purpose, even commercially. As long as you give us attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use. Entalpi Pendidikan Kimia also applied Open Access toward each published articles, so the published content will be available freely for public.