Pengembangan Modul Senyawa Hidrokarbon Berbasis Pendekatan Saintifik Dengan Pertanyaan Probing Promting Untuk Siswa Kelas XI SMA/MA

  • Amalia Firdaus
  • Ellizar Ellizar
Keywords: Modul, senyawa hidrokarbon, pendekatan saintifik, teknik probing promting, model plomp

Abstract

Variasi bahan ajar yang bisa membuat peserta didik aktif salah satunya ialah modul kimia berbasis pendekatan saintifik dengan pertanyaan probing promting. Maksud dari riset ini ialah untuk mengembangkan modul senyawa hidrokarbon berbasis pendekatan saintifik dengan pertanyaan probing promting serta melakukan uji validitas dan praktikalitas produk yang dihasilkan. Jenis reserch ini ialah reserch and development (R&D) menggunakan model pengembangan plomp. Model pengembangan plomp memiliki 3 tahap yaitu tahap penelitian awal (preliminary reserch), tahap pengembangan (prototype phase) dan tahap penilaian (assesment phase). Validasi dilakukan oleh 5 orang validator dan uji small group oleh 6 orang peserta didik serta dilakukan uji lapangan terhadap 13 orang peserta didik di sman 1 pasaman. Instrumen penelitian ini menggunakan angket yang terdiri dari angket validitas dan angket praktikalitas, teknik pengumpulan data melalui pengisian angket. Data angket validasi di analisis menggunakan formula aikens’v dengan nilai rata-rata v sebesar 0,83 dengan kategori valid. Uji praktikalitas di analisis menggunakan formula statistik deskriptif dengan nilai praktikalitas pada kelompok kecil diperoleh hasil 88% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji praktikalitas pada uji lapangan pada angket respon tenaga pendidikialah 88% serta angket respon siswaialah 90% dengan kategori sangat praktis.
Published
2021-03-10
How to Cite
Firdaus, A., & Ellizar, E. (2021). Pengembangan Modul Senyawa Hidrokarbon Berbasis Pendekatan Saintifik Dengan Pertanyaan Probing Promting Untuk Siswa Kelas XI SMA/MA. Entalpi Pendidikan Kimia, 2(1), 88-96. https://doi.org/10.24036/epk.v2i1.133
Section
Articles