Pengembangan Soal Berpikir Kritis pada Materi Asam Basa dan Titrasi Asam Basa
Abstract
Berpikir kritis penting bagi setiap individu. Hal ini dikarenakan kemampuan ini berguna untuk membuat keputusan dan memecahkan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan soal berpikir kritis pada materi asam basa dan titrasi asam basa yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan menggunakan model Ploomp dengan tiga tahapan yaitu tahap penelitian awal, tahap pembentukan konsep dan tahap penilaian. Dalam penelitian ini, dikembangkan sebanyak 40 butir soal berpikir kritis dalam bentuk uraian. Validasi soal dilakukan oleh lima orang ahli. Tahap uji coba kelompok kecil dilakukan dengan enam peserta didik dan tahap uji coba lapangan dengan 20 peserta didik SMA Negeri 2 Batusangkar. Teknik analisa data menggunakan CVR Lawshe untuk data konten soal dan skala aiken untuk data konstruk soal. Dari 40 soal berpikir kritis yang dikembangkan, sebanyak 30 item soal valid dan sebanyak 10 item soal tidak valid. Hasil dari uji coba lapangan menunjukan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik masih rendah.Copyright toward articles published by Entalpi Pendidikan Kimia is hold by Entalpi Pendidikan Kimia. In the other side, Entalpi Pendidikan Kimia also applied CC Attribution 4.0 which means you could 1) share — copy and redistribute the material in any medium or format; and 2) adapt — remix, transform, and build upon the material; for any purpose, even commercially. As long as you give us attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use. Entalpi Pendidikan Kimia also applied Open Access toward each published articles, so the published content will be available freely for public.