Pengembangan Soal Berpikir Kritis pada Materi Asam Basa dan Titrasi Asam Basa

  • Rahmi Hidayati
  • Desy Kurniawati

Abstract

Berpikir kritis penting bagi setiap individu. Hal ini dikarenakan kemampuan ini berguna untuk membuat keputusan dan memecahkan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan soal berpikir kritis pada materi asam basa dan titrasi asam basa yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan menggunakan model Ploomp dengan tiga tahapan yaitu tahap penelitian awal, tahap pembentukan konsep dan tahap penilaian. Dalam penelitian ini, dikembangkan sebanyak 40 butir soal berpikir kritis dalam bentuk uraian. Validasi soal dilakukan oleh lima orang ahli. Tahap uji coba kelompok kecil dilakukan dengan enam peserta didik dan tahap uji coba lapangan dengan 20 peserta didik SMA Negeri 2 Batusangkar. Teknik analisa data menggunakan CVR Lawshe untuk data konten soal dan skala aiken untuk data konstruk soal. Dari 40 soal berpikir kritis yang dikembangkan, sebanyak 30 item soal valid dan sebanyak 10 item soal tidak valid. Hasil dari uji coba lapangan menunjukan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik masih rendah.
Published
2021-03-03
How to Cite
Hidayati, R., & Kurniawati, D. (2021). Pengembangan Soal Berpikir Kritis pada Materi Asam Basa dan Titrasi Asam Basa. Entalpi Pendidikan Kimia, 2(1), 66-76. https://doi.org/10.24036/epk.v2i1.135
Section
Articles