Pengembangan Permainan Chemistry Backgammon (Chemmon) sebagai media pembelajaran kimia pada materi hukum-hukum dasar kimia kelas X SMA/MA

  • Meri Aulia Mardani
  • Fajriah Azra
Keywords: 4-D Models

Abstract

Permainan Chemistry Backgammon (Chemmon) merupakan media pembelajaran yang berguna sebagai latihan untuk memperkuat pemahaman “hukum-hukum dasar kimia” peserta didik tentang. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media permainan Chemmon menjadi media pembelajaran kimia terhadap hukum-hukum dasar kimia dan menentukan tingkat validitas serta praktikalitasnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) yang menggunakan model pengembangan 4-D, yaitu fase define, design, develop dan disseminate. Pengembangan permainan Chemmon terbatas pada fase develop dengan melakukan pengujian validitas dan praktikalitasnya. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket validasi dan angket praktikalitas. Validasi dilakukan oleh lima orang validator. Sementara itu, praktikalitas dilakukan oleh 20 orang peserta didik kelas XII dan dua orang guru kimia. Teknik analisa data menggunakan formula Kappa Cohen. Hasil uji validitas media memiliki momen kappa (k) dengan kategori tinggi yaitu 0,78. Untuk hasil uji kepraktisan momen kappa (k) media sebesar 0,78 termasuk dalam kategori tinggi. Dengan demikian permainan chemmon dikatakan valid dan praktis sebagai media pembelajaran kimia untuk mempelajari “hukum-hukum dasar kimia”.
Published
2020-11-07
How to Cite
Mardani, M., & Azra, F. (2020). Pengembangan Permainan Chemistry Backgammon (Chemmon) sebagai media pembelajaran kimia pada materi hukum-hukum dasar kimia kelas X SMA/MA. Entalpi Pendidikan Kimia, 1(1). https://doi.org/10.24036/epk.v1i1.16
Section
Articles