Studi Literatur: Platform E-learning, Respon Peserta Didik dan Tantangan dalam Proses Pelaksanaan Pembelajaran Kimia di Masa Pandemi Covid-19
Abstract
ABSTRACTThe Covid-19 pandemic has changed the face-to-face learning process to online learning. One of the subjects conducted online is chemistry. However, learning can take place well by utilizing various types of information technology (IT)-based platforms such as e-learning. Therefore, this literature review aims to discuss the implementation of chemistry learning during the pandemic, which includes the e-learning platform used, the response to chemistry learning and the challenges and obstacles faced during chemistry online learning. The research method used is literature study or library research. Meanwhile, the data sources used are secondary data obtained from various sources such as journals, activity reports, books and other sources relevant to the research. The research instrument is a check-list for the classification of research materials, writing maps and research note formats. The results showed that the most widely used learning platforms were WhatsApp, Google Classroom and Zoom Cloud Meetings. During learning, the responses of students were quite diverse, ranging from quite low to high enthusiasm. The obstacles of learning implementation in general are the internet network, lack of IT mastery, learning media that are less interactive. So that it is expected to be able to train IT mastery, especially how to use e-learning platforms and create interactive learning media.Keywords: Chemistry, Covid-19, E-Learning, Literature Review ABSTRAKPandemi Covid-19 telah mengubah proses pembelajaran tatap muka ke pembelajaran daring. Salah satu mata pelajaran yang dilakukan secara daring adalah kimia. Walaupun demikian, pembelajaran tetap dapat berlangsung dengan baik melalui berbagai jenis platform berbasis teknologi informasi (IT) seperti e-learning. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membahas tentang penerapan pelaksanaan pembelajaran kimia secara daring dimasa pandemi, yang meliputi dari platform e-learning yang digunakan, respon terhadap pembelajaran daring kimia dan tantangan yang dihadapi selama pambelajaran kimia secara daring. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur atau penelitian kepustakaan. Sedangkan, sumber data yang digunakan berupa data sekunder yang diperoleh dari berbagai sumber yang relevan seperti jurnal, laporan kegiatan, dan buku. Adapun instrumen penelitian ini adalah daftar check-list klasifikasi bahan penelitian, peta penulisan dan format catatan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa platform pembelajaran yang paling banyak digunakan adalah WhatsApp, Google Classroom dan Zoom Cloud Meetings. Selama pembelajaran, peserta didik memberikan respon antusiasme yang cukup beragam mulai dari yang rendah hingga yang cukup tinggi. Adapun tantangan dalam pelaksanaan pembelajaran pada umumnya adalah jaringan internet, kurangnya kemampuan penguasaan IT, media pembelajaran kurang interaktif. Sehingga pendidik dapat meningkatkan penguasaan IT terutama cara penggunaan platform e-learning dan pembuatan media pembelajaran interaktif.Kata Kunci: Covid-19, E-Learning, Kimia, Studi LiteraturReferences
Bintarawati, D., & Citriadin, Y. (2020). Implementasi Kelas Virtual dengan Google Classroom untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia di SMA Negeri Bekasi. Spin Jurnal Kimia & Pendidikan Kimia, 2(2), 177-190.
Chaidir, S. (2021). Meningkatkan Hasil dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring dengan Google Classroom pada Materi Termokimia di Kelas XI IPA Semester Ganjil SMA Negeri 2 Tanjungpinang. Jurnal Zarah, 9(1), 36-41.
Chang, R. (2010). Chemistry (10th ed). New York: Mc Graw-Hill.
Di Domenico, L., Pullano, G., Pullano, G., Hens, N., & Colizza, V. (2020). Expected Impact Of School Closure And Telework To Mitigate COVID-19 Epidemic In France. Epicx Lab, 15.
Eliyarti, E., & Zakirman, Z. (2020). Tinjauan Kontribusi Google Classroom dalam Mendukung Perkuliahan Kimia Dasar. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1), 32-39.
Farida, I., Rahmawati, R., Aisyah, R., & Helsy, I. (2020). Pembelajaran Kimia Sistem Daring di Masa Pandemi Covid-19 bagi Generasi Z. KTI Massa WFH Pandemi Covid-19.
Gunawan, G., Harjono, A., Sahidu, H., & Sutrio, S. (2014). Penggunaan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Fisika dan Implikasinya pada Penguasaan Konsep Mahasiswa. Jurnal Pijar MIPA, 9(1).
Hadi, L. (2020). Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring di Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Zarah, 8(2), 56-61.
Hoq, M. Z. (2020). E-Learning During the Period Of Pandemic (Covid-19) In the Kingdom of Saudi Arabia: An Empirical Study. American Journal of Educational Research, 8(7), 457-464.
Indiani, B. (2020). Mengoptimalkan Proses Pembelajaran dengan Media Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sipatokkong BPSDM Sulsel, 1(3), 227-232.
Irawati, R., & Santaria, R. (2020). Persepsi Siswa SMAN 1 Palopo terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(2), 264-270.
Jespersen, N.D., Brady, J.E. and Hyslop, A. (2012). Chemistry: The Molecular Nature of Matter. Hoboken, Nj: Wiley.
KaBalitbang. (2020). Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Berbentuk Sekolah Menengah Atas untuk Kondisi Khusus. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Khatibah, K. (2011). Penelitian kepustakaan. Iqra': Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 5(01), 36-39.
Kisworo, B., Cahyani, M. D., & Azizah, D. (2021). Studi Kualitatif Perkuliahan Daring Media Pembelajaran Kimia Menggunakan Model PJBL Berbasis Moodle pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Zarah, 9(1), 22-28.
Kusumastuti, A., Khoiron, A. M., & Achmadi, T. A. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. Deepublish.
Leba, M. A. U., Komisia, F., & Tukan, M. B. (2021). Bimbingan Belajar Kimia bagi Siswa SMA yang Berdomisili di Penfui-Binilaka Kupang. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 124-133.
Mandailina, V., Pramita, D., Syaharuddin, S., Saddam, S., Mahsup, M., & Abdillah, A. (2021). Rumah Belajar: sebagai Media Pembelajaran Daring Berbasis Android bagi Siswa di Lombok Barat. JAHE (Journal of Human and Education), 1(1), 10-13.
Marinoni, G., Vant Land, H., & Jensen, T. (2020). The Impact of Covid-19 on Higher Education Around The World. IAU Global Survey Report.
Marlina, B. (2021). Pemanfaatan Portal Rumah Belajar untuk Media Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid-19. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 1(2), 142-151.
Muchtar, Z., Sari, S. A., Rahmah, S., Zubir, M., Selly, R., & Damanik, M. (2021). The Implementation for Natural Science Online Lecture with Chemistry Education Base at Nurul Fadhillah School Bandar Setia. Jurnal Pendidikan Kimia, 13(1), 85-93.
Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2).
Mulatsih, B. (2020). Penerapan Aplikasi Google Classroom, Google Form, dan Quizizz dalam Pembelajaran Kimia di Masa Pandemi Covid-19. Ide guru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 16-26.
Nursandy, A. R. (2021). Kendala Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pelajaran Kimia di Tiga SMAN Kota Banda Aceh Tahun Ajaran 2020/2021. ETD Unsyiah.
Pokhrel, S., & Chhetri, R. (2021). A Literature Review on Impact of Covid-19 Pandemic on Teaching and Learning. Higher Education for The Future, 8(1), 133-141.
Pujiati, A., & Patimah, F. (2021). Evaluasi Pemahaman Konsep Kimia di Masa Pandemi dengan Bantuan Quizizz. In SINASIS (Seminar Nasional Sains) (Vol. 2, No. 1).
Pustikayasa, I. M. (2019). Grup Whatsapp sebagai Media Pembelajaran. Widya Genitri: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 53-62.
Radha, R., Mahalakshmi, K., Kumar, V. S., & Saravanakumar, A. R. (2020). E-Learning During Lockdown of Covid-19 Pandemic: A Global Perspective. International Journal of Control and Automation, 13(4), 1088-1099.
Rakhmawan, A., Juansah, D. E., Nulhakim, L., Biru, L. T., Rohimah, R. B., Suryani, D. I., ... & Resti, V. D. A. (2020). Analisis Pemanfaatan Aplikasi Discord dalam Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 3, No. 1, pp. 55-59).
Rohani, R. (2019). Media pembelajaran.
Rohimat, S. (2021). Pemanfaatan Laboratorium Maya dalam Pembelajaran Kompetensi Keterampilan Kimia pada Materi Sifat Koligatif Larutan. Jurnal Guru Indonesia, 1(1), 1-7.
Rohimat, S. (2021). Penggunaan Google Form dalam Penilaian Harian Kimia di SMAN 6 Kota Serang pada Awal Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 2(1), 1-8.
Saputri, R. K., & Al-Bari, A. (2020). Persepsi Mahasiswa terhadap Praktikum Daring Mata Kuliah Kimia Analisis. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 676-683.
Saraswati, N. L. P. A., & Mertayasa, I. N. E. (2020). Pembelajaran Praktikum Kimia pada Masa Pandemi Covid-19: Qualitative Content Analysis Kecenderungan Pemanfaatan Teknologi Daring. Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, 14(2), 144-161.
Sari, F. R. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa terhadap Pembelajaran Online pada Mata Pelajaran Kimia Kelas X di SMK Multi Mekanik Masmur (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Siregar, L. F., & Sumanik, N. B. (2021). Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring pada Pokok Bahasan Hidrokarbon. PENDIPA Journal of Science Education, 5(3), 412-420.
Subedi, S., Nayaju, S., Subedi, S., Shah, S. K., & Shah, J. M. (2020). Impact of E-Learning During Covid-19 Pandemic Among Nursing Students and Teachers of Nepal. International Journal Of Science And Healthcare Research, 5(3), 68-76.
Sudarsana, I. K., Putra, I. B. M. A., Astawa, I. N. T., & Yogantara, I. W. L. (2019). The Use of Google Classroom in the Learning Process. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1175, No. 1, p. 012165). IOP Publishing.
Sudarsono, S. (2021). Peningkatan Efektivitas Pengajaran Kimia di Masa Pandemi dengan Media Screencast O Matic. Khazanah Pendidikan, 15(1), 31-41.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syakdiyah, H., Iriani, T., & Wibawa, B. (2021). Transformational Barriers in Adapting The Online Learning for Chemistry During Covid-19 Pandemic. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2331, No. 1, P. 040023). AIP Publishing LLC.
Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31-34.
UNESCO. (2020). Distance Learning Solutions. UNESCOs COVID-19 Education Response.
UNESCO. (2021). Education: From Disruption to Recovery. UNESCOs COVID-19 Education Response.
Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru Profesional di Masa Pandemi Covid-19: Review Implementasi, Tantangan, dan Solusi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51-65.
Zaenab, Z. (2021). Kolaborasi Zoom dengan WAG sebagai Potret Merdeka Belajar pada Masa New Normal di SMK Negeri 4 Gowa. Jurnal Paedagogy, 8(1), 24-30.
Copyright toward articles published by Entalpi Pendidikan Kimia is hold by Entalpi Pendidikan Kimia. In the other side, Entalpi Pendidikan Kimia also applied CC Attribution 4.0 which means you could 1) share — copy and redistribute the material in any medium or format; and 2) adapt — remix, transform, and build upon the material; for any purpose, even commercially. As long as you give us attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use. Entalpi Pendidikan Kimia also applied Open Access toward each published articles, so the published content will be available freely for public.