Pengembangan Permainan Ular Tangga Kimia sebagai Media Pembelajaran pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi dan Tata Nama Senyawa Kelas X SMA/ MA

  • Indah Adelina
  • Iswendi Iswendi Universitas Negeri Padang
Keywords: Learning Media, Chemical Snakes Ladders Game, Redox Reactions And Compound Nomenclature, Plomp, Aiken V

Abstract

ABSTRACTThis study aims to produce a game of chemical snakes and ladders as a learning media on oxidation-reduction reactions (Redox) and compound nomenclature which then determines the level of validity based on the function of the media. This type of research is Educational Design Research by applying the Plomp development model which consists of three stages, namely the preliminary research stage, the prototype formation (prototyping stage) and the assessment phase (assessment phase). This research is limited to the expert review stage which is part of the prototyping stage. The development of this chemical snake and ladder game was validated by 4 validators, two chemistry lecturers at FMIPA UNP and two chemistry teachers at SMA N 1 Gunung Tuleh. The instrument of this research is a validity questionnaire. The data were analyzed using the Aiken V formula. From the results of data analysis, it was found that the game of chemical snakes and ladders as a learning media for Redox reaction material and compound nomenclature has an Aiken V scale value of 0.82 with a very high level of validity.Keywords: Learning Media, Chemical Snakes Ladders Game, Redox Reactions And Compound Nomenclature, Plomp, Aiken VABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan permainan ular tangga kimia sebagai media pembelajaran pada materi reaksi reduksi oksidasi (Redoks) dan tata nama senyawa yang kemudian ditentukan tingkat validitas berdasarkan fungsi media. Jenis penelitian ini adalah Educational Design Research dengan menerapkan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga tahap yaitu tahap investigasi awal (preliminary research), pembentukan prototipe (prototyping stage) dan tahap penilaian (assessment phase). Penelitian ini dibatasi sampai tahap penilaian ahli (expert review) yang merupakan bagian dari tahap pembentukan prototipe (prototyping stage). Pengembangan permainan ular tangga kimia ini divalidasi oleh 4 orang validator yaitu dua orang dosen kimia FMIPA UNP dan dua orang guru kimia SMAN 1 Gunung Tuleh. Instrumen dari penelitian ini berupa angket validitas. Data dianalisis menggunakan rumus Aiken V. Dari data yang sudah dianalisis, diperoleh bahwa permainan ular tangga kimia sebagai media pembelajaran pada materi reaksi Redoks dan tata nama senyawa memiliki nilai skala Aiken V 0.82 dengan kategori tingkat validitas sangat tinggi.Kata Kunci: Media Pembelajaran, Permainan Ular Tangga Kimia, Reaksi Redoks dan Tata Nama Senyawa,

References

Adnan, M. (2017). Urgensi Penerapan Metode Paikem bagi Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Jurnal Studi Keislaman, Vol.3, No.1. STAI Hasan Jufri Bawean Gresik
Aqib, Z. (2013). Model-Model, Media, dan Strategi Pemelajaran Konstektual. Bandung: Yrama Widya
Arsyad. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Darmawan, D. (2011). Teknologi Pembelajaran.Bandung:Remaja Rosdakarya
Hamalik, O. (2008). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta. Bumi Aksara
Haryono. (2013). Pembelajaran IPA yang Menarik dan Mengasyikkan: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Kepel
Kemendikbud. (2018). Lampiran peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia nomor 24 tahun 2018 tentang silabus mata pelajaran kimia sekolah menengah atas/madrasah aliyah (SMA/MA). Jakarta. Kemedikbud
Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: REFERENSI (GP Press Group)
Plomp, T. (2013). Educational Design Reasearch: An Introduction. Netherland: National Institute for Curriculum Development
Purnamawati, H. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Media Kartu dan Ular Tangga Ditinjau dari Kemampuan Analisis Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi pokok Reaksi Redoks Kelas X Semester 2 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol. 3 No. 4. Universitas Sebelas Maret
Rachmawati. (2015). Supervisi Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media
Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing
Sadiman, A., Raharjo, R., Haryono, A & Rahardjito. (2012). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sari, K. W. (2014). Pengembangan Game Edukasi Kimia Berbasis Role Playing Game (RPG) pada Materi Struktur Atom sebagai Media Pembelajaran Mandiri untuk Siswa Kelas X SMA di Kabupaten Purwerejo, Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol. 3 No. 2Adnan, Muhammad. 2017. Urgensi Penerapan Metode Paikem bagi Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Jurnal Studi Keislaman, Vol.3, No.1. STAI Hasan Jufri Bawean Gresik
Smaldino, S. E. (2012). Instructional Technology & Media for Learning. Terjemahan (Arif Rahman). Jakarta: Kencana
Published
2021-09-07
How to Cite
Adelina, I., & Iswendi, I. (2021). Pengembangan Permainan Ular Tangga Kimia sebagai Media Pembelajaran pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi dan Tata Nama Senyawa Kelas X SMA/ MA. Entalpi Pendidikan Kimia, 2(3), 91-99. https://doi.org/10.24036/epk.v2i3.190
Section
Articles