Lembar Kerja Peserta Didik Materi Laju Reaksi Berbasis Problem Based Learning Untuk Kelas XI SMA/MA

  • Gebby Rhaska Universitas Negeri Padang
  • Mawardi Mawardi Universitas Negeri Padang
Keywords: Penelitian dan pengembangan pendidikan, problem based learning, LKPD, model Ploomp

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan bahan ajar berupa LKPD berbasis masalah, serta menguji keefektifan dan kepraktisan bahan ajar yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research And Development (R&D), dan menerapkan model Ploomp. Model Ploomp meliputi tiga kegiatan, yaitu; (1) tahap pendahuluan (2) tahap pembentukan prototipe dan (3) tahap evaluasi. Penelitian ini dibatasi pada tahap prototipe, dan evaluasi formatif dibatasi pada tahap review ahli. Untuk penilaian ahli dilakukan oleh 2 dosen kimia dan 3 guru kimia.  Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner validitas, kemudian diolah dengan menggunakan analisis rumus Aiken’s V. Berdasarkan hasil penelitian, modul yang dihasilkan memiliki kategori valid dengan nilai V 0,87, namun belum melakukan uji praktikalitasnya.
Published
2020-11-07
How to Cite
Rhaska, G., & Mawardi, M. (2020). Lembar Kerja Peserta Didik Materi Laju Reaksi Berbasis Problem Based Learning Untuk Kelas XI SMA/MA. Entalpi Pendidikan Kimia, 1(1). https://doi.org/10.24036/epk.v1i1.23
Section
Articles