Lembar Kerja Peserta Didik Materi Laju Reaksi Berbasis Problem Based Learning Untuk Kelas XI SMA/MA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan bahan ajar berupa LKPD berbasis masalah, serta menguji keefektifan dan kepraktisan bahan ajar yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research And Development (R&D), dan menerapkan model Ploomp. Model Ploomp meliputi tiga kegiatan, yaitu; (1) tahap pendahuluan (2) tahap pembentukan prototipe dan (3) tahap evaluasi. Penelitian ini dibatasi pada tahap prototipe, dan evaluasi formatif dibatasi pada tahap review ahli. Untuk penilaian ahli dilakukan oleh 2 dosen kimia dan 3 guru kimia. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner validitas, kemudian diolah dengan menggunakan analisis rumus Aiken’s V. Berdasarkan hasil penelitian, modul yang dihasilkan memiliki kategori valid dengan nilai V 0,87, namun belum melakukan uji praktikalitasnya.Copyright toward articles published by Entalpi Pendidikan Kimia is hold by Entalpi Pendidikan Kimia. In the other side, Entalpi Pendidikan Kimia also applied CC Attribution 4.0 which means you could 1) share — copy and redistribute the material in any medium or format; and 2) adapt — remix, transform, and build upon the material; for any purpose, even commercially. As long as you give us attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use. Entalpi Pendidikan Kimia also applied Open Access toward each published articles, so the published content will be available freely for public.