Pengembangan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan Buku Ajar Kimia Pangan Berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)
Abstract
Dalam melaksanakan pembelajaran kimia, dosen membutuhkan perangkat pembelajaran untuk memudahkan dalam proses pembelajaran. Dua perangkat pembelajaran yang sering dikembangkan oleh dosen adalah Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan buku ajar. Namun sering kali RPS dan bahan ajar yang dikembangkan belum sesuai dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan RPS dan buku ajar kimia bahan pangan yang sesuai dengan tuntutan KKNI. Model pengembangan buku ajar yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis > Design > Development > Implementation > Evaluation) namun pada penelitian ini hanya sampai tahap development. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan instrumen analisis RPS dan BSNP. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan kualitatif. Uji kelayakan dilakukan oleh ahli materi dan ahli pengembangan. Komentar, tanggapan dan saran yang diberikan digunakan untuk merevisi dan memperbaiki RPS dan buku ajar yang dikembangkan. Hasil penilaian kelayakan oleh para ahli menunjukkan RPS dan buku ajar sudah sangat layak digunakan untuk proses perkuliahan kimia panganReferences
Irez, S. (2009). Nature of science as depicted in Turkish Biology texbooks. Science Education. Vol 93, No 3, Hal 422-447.
Khalid, A. Dan M. Azeem. (2012). Constructivist Vs Traditional: Effective Instructional Approach in Teacher Education. International Journal of Humanities and Social Science. Vol. 2 (5), 170 – 177
Lamb, L. R. & Annetta, L. (2013). The Use ofOnline Modules and the Effect on Student Outcomes in a High SchoolChemistry. Journal Science Education Technology. Vol. 22 (1), 603–613.
Nentwig, P., Demuth, R., Parchmann, I., Grasel, C., dan Ralle, B., 2007, Chemie im kontext: Situating Learning in Relevant Context while Systematically Developing Basic Chemical Concepts, Journal of Chemical Education, Vol 84, No 9, Hal 1439-1444.
Nurfajriani. Nadia, Afi. Marini, Damanik. (2021). Perkembangan Penelitian Pendidikan Mengenai Pengembangan E-Modul Dengan Sigil Software. Prosiding Seminar Nasional Kimia. ISBN 978- 602-50942-5-5
Shebab, S., dan BouJaoude, S., 2016, Analysis of the chemical representations in Secondary Lebanese Chemistry Texbooks. International Journal of Science and Mathematics Education, Hal 1- 20
Yudha, S., Silaban, R., Education, C., Program, S., & Medan, U. N. (2022). Development of Android-Based Interactive Multimedia on Odd Semester Chemistry Materials for Class X SMA / MA. 1–8. https://doi.org/10.4108/eai.20-9-2022.2324666
Copyright toward articles published by Entalpi Pendidikan Kimia is hold by Entalpi Pendidikan Kimia. In the other side, Entalpi Pendidikan Kimia also applied CC Attribution 4.0 which means you could 1) share — copy and redistribute the material in any medium or format; and 2) adapt — remix, transform, and build upon the material; for any purpose, even commercially. As long as you give us attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use. Entalpi Pendidikan Kimia also applied Open Access toward each published articles, so the published content will be available freely for public.