Ekplorasi Motivasi Belajar Mahasiswa UIN Walisongo Semarang pada Pembelajaran Kimia

  • Zakia Hafizhah UIN Walisongo Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi belajar mahasiswa UIN Walisongo saat pembelajaran di kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Penelitian ini dilakukan di UIN Walisongo Semarang dengan melibatkan 60 mahasiswa pendidikan kimia dari semester 2 sampai 6. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik survey dengan skala likert. Adapun survey dibuat dalam google form agar mudah diakses oleh mahasiswa. Teknik analisis data  yang digunakan dalam penelitian ini adalah menghitung presentase data dari setiap indikatornya. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa saat pembelajaran di kelas motivasi belajar mahasiswa pendidikan kimia UIN Walisongo Semarang dalam kategori cukup, hal tersebut didapatkan dari skor rata-rata presentase motivasi belajar yang berjumlah 46,31%.

References

Abubakar, F. (2015). Pengaruh Komunikasi Interpersonal antara Dosen dan Mahasiswa terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Pekommas, 18(1), 53–62.
Budiaji, W. (2013). Skala Pengukuran dan Jumlah Respon Skala Likert. Jurnal Ilmu Pertanian Dan Perikanan, 2(2), 127–133.
Dinata, K. B. (2019). Problematika Membangun Pemahaman Konsep Geometri Transformasi Mahasiswa Pendidikan Matematika di Universitas Muhammadiyah Kotabumi Tahun Akademik 2019/2020. Eksponen, 9(2), 1–9.
Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Fitri, S. F. N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617–1620.
Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973
Hadiningrum, I. (2019). Analisis Kesiapan Belajar Mahasiswa dalam Mengikuti Mata Kuliah Pragmatics. Prosiding Seminar Nasional LPPM Unsoed, 8–1.
Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPA Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(1), 81–86.
Maidiana, M. (2021). Penelitian Survey. ALACRITY: Journal of Education, 1(2), 20–29. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i2.23
Maryanto, L., Setyowani, N., & Mugiarso, H. (2013). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Bermain Peran. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 2(3), 1–8.
Mayasari, F. D. (2017). Pengaruh Konsentrasi Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SI SMK Negeri 1 Ngabang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(6), 1–11.
Nasrun, A. (2015). Psikologi Belajar. Al-Fikrah: Jurnal Kependidikan Islam IAIN Sulthan Thaha Saifuddin, 6, 177–184.
Nurul, B., Rahayu, A., Rachmani, N., & Nino, D. (2022). Kajian Teori: Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Rasa Ingin Tahu pada Model Pembelajaran Preprospec Berbantu TIK. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 297–303.
Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232.
Pintrich, P. R., & Groot, E. V. De. (1990). Motivational and Self-Regulated Learning Components of Classroom Academic Performance. Journal of Educational Psychology, 82(1), 33–40.
Ramdhani, M. A. (2014). Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 8(1), 28–37.
Santi, V. P., Abdat, C. H., & Mahmudah, U. (2017). Pengembangan Panduan Mind Mapping untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar. CONSILIUM: Jurnal Program Studi Bimbingan Dan Konseling, 5(2), 95–100.
Santosa, D. T., & Us, T. (2016). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Dan Solusi Penanganan Pada Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Sepeda Motor. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif, 13(2), 14–21.
Saud, H., Mataputun, Y., & Reba, Y. A. (2021). Hubungan Antara Minat Belajar dan Keterampilan Belajar dengan Motivasi Belajar Mahasiswa. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 8(2), 163–173.
Subaidi, A. (2016). Self-Efficacy Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. Sigma, 1(2), 64–68.
Syamanta, A., & Sihombing, S. L. (2022). Memotivasi Siswa untuk Belajar di Masa Pandemi Covid 19 di SMA Negeri 9 Medan. Servitium Smart Journal, 1(1), 7–12.
Winata, I. K. (2021). Konsentrasi dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 12.
Yanti, A. F. (2013). Pengaruh Keterampilan Belajar terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Koperasi FKIP Universitas Riau. Universitas Riau.
Published
2023-08-03
How to Cite
Hafizhah, Z. (2023). Ekplorasi Motivasi Belajar Mahasiswa UIN Walisongo Semarang pada Pembelajaran Kimia. Entalpi Pendidikan Kimia, 4(3), 1-10. https://doi.org/10.24036/epk.v4i3.338
Section
Articles