Efektivitas Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Sistem Koloid Kelas XI SMA/MA

  • Luthfira Yase Universitas Negeri Padang
  • Syamsi Aini

Abstract

Materi sistem koloid merupakan materi yang dipelajari di kelas XI SMA/MA pada semester genap. Hasil wawancara beberapa guru kimia di MAN 1 Kota Padang menyatakan bahwa bahan ajar pada materi sistem koloid cenderung berpusat pada pendidik dan hanya menampilkan 2 dari 3 level representasi kimia, sehingga peserta didik cenderung pasif. Materi sistem koloid bersifat faktual dan teoritis, oleh karena itu diperlukannya media pembelajaran yang mampu meningkatkan pemahaman peserta didik. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk menguji tingkat keefektifan media pembelajaran PowerPoint interaktif berbasis inkuiri terbimbing pada materi sistem koloid terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MAN 1 Kota Padang. Jenis penelitian yaitu quasi experiment dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Hasil analisis data yang dilakukan menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki nilai n-gain yang tinggi, sedangkan kelas kontrol mendapatkan skor sedang. Keputusan pada uji hipotesis yaitu H0 ditolak. Berdasarkan analisis data tersebut artinya penggunaan media pembelajaran PowerPoint interaktif berbasis inkuiri terbimbing pada materi sistem koloid efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.

References

Achmaliya, N., Rosilawati, I., & Kadaritna, N. (2016). PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS REPRESENTASI KIMIA PADA MATERI TEORI TUMBUKAN Nurma Achmaliya, Ila Rosilawati, Nina Kadaritna, Sunyono FKIP Universitas Lampung, Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1. 5(1), 114–127.
Amijaya, L. S., Ramdani, A., & Merta, I. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pijar Mipa, 13(2), 94–99. https://doi.org/10.29303/jpm.v13i2.468
Anggraeni, D., & Aini, S. (2022). Effectiveness of Interactive Power-Point Learning Media Based on Guided Inquiry on Acid-Base Materials for Class XI SMA/MA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 89–99. https://doi.org/10.23960/jppk.v11.i2.2022.10
Baunsele, A. B., Tukan, M. B., Kopon, A., Boelan, E. G., Komisia, F., Leba, M., & Lawung, Y. (2020). Peningkatan Pemahaman Terhadap ilmu Kimia Melalui Kegiatan Praktikum Kimia Sederhana di Kota Soe. Jurnal Pengabdian Kepada Mayarakat (Aptekmas), 3(4), 43–48.
Daryanto. (2016). No Title. Gava Media.
Gusni, N., Aini, S., & Azra, F. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Powerpoit Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Koloid Kelas XI SMA Negeri 1 Tigo Nagari. Universitas Negeri Padang.
Hake, R. (1999). Analyzing Change/ Gain Score. Indiana University.
Hasibuan, S. R., & Andromeda. (2021). Efektivitas Penggunaan E-Modul Sistem Koloid Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Laboratorium Virtual Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMAS Nurul ‘ Ilmi. Ranah Research:Journal of Multidiciplinary Research and Development, 3(2), 74–79.
Khairuna, & Panggabean, J. H. (2019). Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika ( INPAFI ). Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 33–39.
Machin, A. (2014). Implementasi pendekatan saintifik, penanaman karakter dan konservasi pada pembelajaran materi pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 28–35. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2898
Moog, R. S., & Farrel, J. J. (2008). Chemistry: A Guided Inquiry (4th ed.). John Wiley & Sons.
Nuranisah, & Aini, S. (2022). Effectiveness of Guided Inquiry-based Interactive Power-Point Learning Media on Electrolyte and Non-electrolyte Solution Materials for Class X SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 118–129. https://doi.org/10.23960/jppk.v11.i2.2022.13
Qomusuddin, I. F. (2019). Statistika Pendidikan (Lengkap dengan Aplikasi IMB SPSS Statistic 20.0). Penerbit Deepublish.
Safitri, N. C., Nursaadah, E., & Wijayanti, I. E. (2019). Analisis Multipel Representasi Kimia Siswa pada Konsep Laju Reaksi. EduChemia (Jurnal Kimia Dan Pendidikan), 4(1), 1–12. https://doi.org/10.30870/educhemia.v4i1.5023
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Published
2023-08-03
How to Cite
Yase, L., & Aini, S. (2023). Efektivitas Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Sistem Koloid Kelas XI SMA/MA. Entalpi Pendidikan Kimia, 4(3), 11-15. https://doi.org/10.24036/epk.v4i3.342
Section
Articles