Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Untuk Melihat Gambaran Model Mental Peserta Didik Pada Materi Asam Basa

  • Novi Arnita Devi Universitas Negeri Padang
  • Fajriah Azra Universitas Negeri Padang

Abstract

Model mental merupakan representasi mental pribadi peserta didik terhadap suatu ide atau konsep. Model mental mewakili ide-ide dalam pikiran individu yang digunakan untuk menggambarkan dan menjelaskan suatu fenomena. Model mental peserta didik sangat penting untuk diketahui oleh guru karena dapat mengetahui tingkat pemahaman, kesulitan, dan miskonsepsi yang dialami peserta didik. Model mental peserta didik dapat diketahui dengan memberikan suatu tes diagnostik. Oleh karena, itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Instrumen Tes Diagnostik Four-Tier Untuk Melihat Gambaran Model Mental Peserta Didik Pada Materi Asam Basa yang memenuhi kriteria instrumen tes yang baik. Penelitian ini merupakan penelitian research and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Treagust (1988). Berdasarkan hasil validasi terhadap lima orang validator, instrumen tes diagnostik dinyatakan valid dari segi konten dan konstruk dengan nilai rata-rata 0,84. Berdasarkan hasil uji coba terhadap peserta didik, didapatkan nilai relibilitas instrumen tes diagnostik pada tingkat pertama (first-tier) dan tingkat ketiga (third-tier) adalah sebesar 0,84 dan 0,83 dengan kategori sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indtrumen tes diagnostik yang dikembangkan sudah valid dan sudah memiliki kriteria instrumen tes yang baik.
Published
2023-08-26
How to Cite
Devi, N., & Azra, F. (2023). Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Untuk Melihat Gambaran Model Mental Peserta Didik Pada Materi Asam Basa. Entalpi Pendidikan Kimia, 4(3), 16-26. https://doi.org/10.24036/epk.v4i3.345
Section
Articles