Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Untuk Melihat Gambaran Model Mental Peserta Didik Pada Materi Asam Basa
Abstract
Model mental merupakan representasi mental pribadi peserta didik terhadap suatu ide atau konsep. Model mental mewakili ide-ide dalam pikiran individu yang digunakan untuk menggambarkan dan menjelaskan suatu fenomena. Model mental peserta didik sangat penting untuk diketahui oleh guru karena dapat mengetahui tingkat pemahaman, kesulitan, dan miskonsepsi yang dialami peserta didik. Model mental peserta didik dapat diketahui dengan memberikan suatu tes diagnostik. Oleh karena, itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Instrumen Tes Diagnostik Four-Tier Untuk Melihat Gambaran Model Mental Peserta Didik Pada Materi Asam Basa yang memenuhi kriteria instrumen tes yang baik. Penelitian ini merupakan penelitian research and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Treagust (1988). Berdasarkan hasil validasi terhadap lima orang validator, instrumen tes diagnostik dinyatakan valid dari segi konten dan konstruk dengan nilai rata-rata 0,84. Berdasarkan hasil uji coba terhadap peserta didik, didapatkan nilai relibilitas instrumen tes diagnostik pada tingkat pertama (first-tier) dan tingkat ketiga (third-tier) adalah sebesar 0,84 dan 0,83 dengan kategori sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indtrumen tes diagnostik yang dikembangkan sudah valid dan sudah memiliki kriteria instrumen tes yang baik.Copyright toward articles published by Entalpi Pendidikan Kimia is hold by Entalpi Pendidikan Kimia. In the other side, Entalpi Pendidikan Kimia also applied CC Attribution 4.0 which means you could 1) share — copy and redistribute the material in any medium or format; and 2) adapt — remix, transform, and build upon the material; for any purpose, even commercially. As long as you give us attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use. Entalpi Pendidikan Kimia also applied Open Access toward each published articles, so the published content will be available freely for public.