Pemetaan Level Literasi Kimia Peserta Didik Kelas XI MIPA di SMA N 14 Padang pada Materi Koloid

  • Puji Putri Rahayu Ningsih Universitas Negeri Padang
  • Eka Yusmaita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis level literasi kimia peserta didik kelas XI MIPA di SMAN 14 Padang pada materi koloid menggunakan model Rasch sesuai kerangka literasi kimia yang diadaptasi dari Shwartz. Penelitian deskriptif ini merupakan penelitian kuantitatif dengan melibatkan 50 peserta didik kelas XI MIPA sebagai sampel. Data diperoleh dari tes literasi kimia, kemudian dianalisis menggunkan model Rasch. Hasil penelitian menunjukkan pemetaan level literasi kimia peserta didik kelas XI MIPA di SMAN 14 Padang pada materi koloid diketahui terdapat 23% peserta didik berada pada level scientific illiteracy, sebanyak 23% peserta didik berada pada level nominal scientific literacy, sebanyak 30% peserta didik di level functional scientific literacy, sebanyak 21% peserta didik di level conceptual scientific literacy, dan sebanyak 4 % peserta didik yang berada pada level multi-dimensional scientific literacy. Analisis Rasch menunjukkan 98% peserta didik memiliki nilai measure negatif dengan rata-rata nilai measure adalah -0,66 logit. Hal ini mengindikasikan bahwa kemampuan literasi kimia peserta didik pada materi koloid dapat dikatakan pada kategori rendah.

Author Biography

Eka Yusmaita
Program Studi Pendidikan Kimia,  Universitas Negeri Padang

References

Alwathoni, M., Saputro, S., Yamtinah, S., & Masykuri, M. (2020). The Chemical Literacy Understanding of Chemistry Teachers at Islamic Senior High School. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 4(1), 32. https://doi.org/10.20961/ijsascs.v4i1.49456
Eliza, W., & Yusmaita, E. (2021). Pengembangan Butir Soal Literasi Kimia pada Materi Sistem Koloid Kelas XI IPA SMA/MA. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 5(2), 197–204. https://doi.org/10.24036/jep/vol5-iss2/621
Hamdu, G., Fuadi, F. N., Yulianto, A., & Akhirani, Y. S. (2020). Items Quality Analysis Using Rasch Model To Measure Elementary School Students’ Critical Thinking Skill On Stem Learning. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(1), 61. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i1.20884
Lia, R. M., Rusilowati, A., & Isnaeni, W. (2020). NGSS-oriented chemistry test instruments: Validity and reliability analysis with the Rasch model. Research and Evaluation in Education, 6(1), 41–50. https://doi.org/10.21831/reid.v6i1.30112
OECD. (2018). PISA 2018 Insights and Interpretations. Japanese Journal of Anesthesiology.
Prasemmi, S., Rahayu, S., Fajaroh, F., & Almuntasheri, S. (2021). Chemical Literacy Skill of High School Students on the Solution Chemistry. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 6(1), 1–15. https://doi.org/10.15575/jtk.v6i1.10392
Prastiwi, M. N. B., Rahmah, N., Khayati, N., Utami, D. P., Primastuti, M., & Majid, A. N. (2017). Studi Kemampuan Literasi Kimia Peserta Didik Pada Materi Elektrokimia. Prosiding Seminar Nasional Kimia UNY, 21, 101–108.
Rahayu, S. (2017). Mengoptimalkan Aspek Literasi Pembelajaran Kimia Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Kimia UNY, 21(October 2017), 1–4.
Robi’atul Adawiyah, A. W. W. (2017). Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Literasi Sains : Menilai Pemahaman Fenomena Ilmiah Mengenai Energi. Indonesian Journal of Curriculum, 5(2), 112–121.
Shwartz, Y., Ben-Zvi, R., & Hofstein, A. (2006a). Chemical literacy: What does this mean to scientists and school teachers? Journal of Chemical Education, 83(10), 1557–1561. https://doi.org/10.1021/ed083p1557
Shwartz, Y., Ben-Zvi, R., & Hofstein, A. (2006b). The use of scientific literacy taxonomy for assessing the development of chemical literacy among high-school students. Chemistry Education Research and Practice, 7(4), 203–225. https://doi.org/10.1039/B6RP90011A
Sumintono, B. (2018). Rasch Model Measurements as Tools in Assesment for Learning. October 2017. https://doi.org/10.2991/icei-17.2018.11
Thummathong, R., & Thathong, K. (2018). Chemical literacy levels of engineering students in Northeastern Thailand. Kasetsart Journal of Social Sciences, 39(3), 478–487. https://doi.org/10.1016/j.kjss.2018.06.009
Wati, M., Mahtari, S., Hartini, S., & Amalia, H. (2019). A Rasch model analysis on junior high school students’ scientific reasoning ability. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 13(7), 141–149. https://doi.org/10.3991/ijim.v13i07.10760
Yusmaita, E., Anthonio, L. G., & Rivaldo, I. (2021). Chemical Literacy Test Instrument Designing on Buffer Topic using Model of Educational Reconstruction (MER). Journal of Physics: Conference Series, 1788(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1788/1/012044
Published
2023-11-05
How to Cite
Ningsih, P., & Yusmaita, E. (2023). Pemetaan Level Literasi Kimia Peserta Didik Kelas XI MIPA di SMA N 14 Padang pada Materi Koloid. Entalpi Pendidikan Kimia, 4(4), 12-20. https://doi.org/10.24036/epk.v4i4.351
Section
Articles