Analisis Struktur dan Konten Kurikulum Merdeka Fase F untuk Bidang Studi Kimia pada Materi Asam Basa

  • Aprilia Wilda Nengsih Universitas Negeri Padang
  • Faizah Q ‘Aini Universitas Negeri Padang
  • Zonalia Fitriza Universitas Negeri Padang

Abstract

Materi asam basa merupakan salah satu pelajaran kimia yang dipelajari pada fase F. Hasil wawancara beberapa guru kimia di Padang mengemukakan proses pembelajaran menggunakan buku teks Kemendikbud sebagai salah satu bentuk penerapan Kurikulum Merdeka. Buku teks harus memuat konten yang relevan dengan tujuan pembelajaran dan mengikuti kurikulum. Namun, cakupan materi asam basa pada buku teks Kemendikbud masih perlu dilakukan peninjauan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kesesuaian struktur konten Kurikulum Merdeka pada materi asam basa berdasarkan taksonomi Bloom Revisi, taksonomi Simpson dan Dyers serta taksonomi Anderson dan Krathwol dan buku ajar kimia. Jenis penelitiannya adalah deskriptif kualitatif dengan desain Model of Educational Reconstruction (MER). Hasil analisis struktur berdasarkan aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap sesuai dengan standar yang ditetapkan. Hasil analisis konten materi asam basa pada buku teks Kemendikbud terdapat beberapa konsep yang tidak sesuai terhadap buku teks Universitas yaitu beberapa sub materi dibahas kurang rinci, bahkan ada yang tidak dibahas; dan terdapat beberapa ketidaksesuaian urutan sub bab antara buku teks Kemendikbud dengan buku teks Universitas. 
Published
2023-11-05
How to Cite
Nengsih, A., ‘Aini, F., & Fitriza, Z. (2023). Analisis Struktur dan Konten Kurikulum Merdeka Fase F untuk Bidang Studi Kimia pada Materi Asam Basa. Entalpi Pendidikan Kimia, 4(4), 21-34. https://doi.org/10.24036/epk.v4i4.357
Section
Articles