Pengembangan Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Pendekatan Saintifik Menerapkan Teknik Probing-Prompting untuk Kelas XI SMA/MA
Abstract
Modul kimia berbasis pendekatan saintifik menerapkan teknik probing-prompting adalah sebuah variasi sumber belajar untuk meningkatkan keaktifan peserta didik pada pembelajaran kesetimbangan kimia. Penelitian dimaksudkan untuk menghasilkan produk berupa modul berbasis pendekatan saintifik menerapkan teknik probing-prompting pada pembelajaran kesetimbangan kimia serta mengungkapkan tingkat validitas dan praktikalitas modul yang diciptakan. Research dan Development (R&D) merupakan jenis penelitian ini, serta memakai model Plomp memiliki beberapa langkah yakni: penelitian awal, pembentukan prototipe, dan tahap menilai. Uji validitas modul dilakukan oleh lima orang validator terdiri dari dosen kimia FMIPA UNP (dua orang) dan guru kimia. Praktikalitas dilsanakan oleh guru kimia (tiga orang dan siswa (14 orang) XII SMA (SMAN 2) Padang Panjang. Hasil analisis lembar validitas menggunakan formula Aiken’s V menunjukkan kategori valid dengan nilai 0.85. Analisis lembar praktikalitas menggunakan formula kappa cohen pada tahap uji kelompok kecil diperoleh kategori sangat tinggi dengan nilai 0.90. Dari angket yang diisi siswa dan guru menunjukkan kategori sangat tinggi memiliki nilai masing-masing pada tahap uji coba lapangan sebesar 0.91 dan 0.86. Modul yang diciptakan berbasis pendekatan saintifik dilengkapi pertanyaan probing-prompting disimpulkan sudah praktis serta valid.References
2. Aini FQ, Fitriza Z, Gazali F, Mawardi M, Priscylio G. Perkembangan Model Mental Mahasiswa pada Penggunaan Bahan Ajar Kesetimbangan Kimia berbasis Inkuiri Terbimbing. J Eksakta Pendidik. 2019;3(1):40.
3. Nengsih NR, Yusmaita E, Gazali F. Evaluasi Validitas Konten dan Konstruk Bahan Ajar Asam Basa Berbasis REACT. EduKimia. 2019; 1(1):1–10.
Copyright toward articles published by Entalpi Pendidikan Kimia is hold by Entalpi Pendidikan Kimia. In the other side, Entalpi Pendidikan Kimia also applied CC Attribution 4.0 which means you could 1) share — copy and redistribute the material in any medium or format; and 2) adapt — remix, transform, and build upon the material; for any purpose, even commercially. As long as you give us attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use. Entalpi Pendidikan Kimia also applied Open Access toward each published articles, so the published content will be available freely for public.