Pengembangan Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Pendekatan Saintifik Menerapkan Teknik Probing-Prompting untuk Kelas XI SMA/MA

  • Aulia Dinul Husna Universitas Negeri Padang
  • Ellizar Jalius Universitas Negeri Padang
Keywords: Modul kesetimbangan kimia, pertanyaan probing prompting, validitas, praktikalitas, model Plomp

Abstract

Modul kimia berbasis pendekatan saintifik menerapkan teknik probing-prompting adalah sebuah variasi sumber belajar untuk meningkatkan keaktifan peserta didik pada pembelajaran kesetimbangan kimia. Penelitian dimaksudkan untuk menghasilkan produk berupa modul berbasis pendekatan saintifik menerapkan teknik probing-prompting pada pembelajaran kesetimbangan kimia serta mengungkapkan tingkat validitas dan praktikalitas modul yang diciptakan. Research dan Development (R&D) merupakan jenis penelitian ini, serta memakai model Plomp memiliki beberapa langkah yakni: penelitian awal, pembentukan prototipe, dan tahap menilai. Uji validitas modul dilakukan oleh lima orang validator terdiri dari dosen kimia FMIPA UNP (dua orang) dan guru kimia. Praktikalitas dilsanakan oleh guru kimia (tiga orang dan siswa (14 orang) XII SMA (SMAN 2) Padang Panjang. Hasil analisis lembar validitas menggunakan formula Aiken’s V menunjukkan kategori valid dengan nilai 0.85. Analisis lembar praktikalitas menggunakan formula kappa cohen pada tahap uji kelompok kecil diperoleh kategori sangat tinggi dengan nilai 0.90. Dari angket yang diisi siswa dan guru menunjukkan kategori sangat tinggi memiliki nilai masing-masing pada tahap uji coba lapangan sebesar 0.91 dan 0.86. Modul yang diciptakan berbasis pendekatan saintifik dilengkapi pertanyaan probing-prompting disimpulkan sudah praktis serta valid.

References

1. Suciana D, Ellizar E. Pengembangan Modul Laju Reaksi Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Pertanyaan Probing Prompting untuk Kelas XI SMA/MA. EduKimia. 2019;1(1): 37–45.
2. Aini FQ, Fitriza Z, Gazali F, Mawardi M, Priscylio G. Perkembangan Model Mental Mahasiswa pada Penggunaan Bahan Ajar Kesetimbangan Kimia berbasis Inkuiri Terbimbing. J Eksakta Pendidik. 2019;3(1):40.
3. Nengsih NR, Yusmaita E, Gazali F. Evaluasi Validitas Konten dan Konstruk Bahan Ajar Asam Basa Berbasis REACT. EduKimia. 2019; 1(1):1–10.
Published
2020-11-07
How to Cite
Husna, A., & Jalius, E. (2020). Pengembangan Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Pendekatan Saintifik Menerapkan Teknik Probing-Prompting untuk Kelas XI SMA/MA. Entalpi Pendidikan Kimia, 1(1). https://doi.org/10.24036/epk.v1i1.42
Section
Articles