Analisis Struktur dan Konten Kurikulum Merdeka Fase F untuk Bidang Studi Kimia pada Materi Larutan Penyangga
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian antara struktur dan konten kurikulum merdeka pada materi larutan penyangga berdasarkan taksonomi Bloom revisi, taksonomi Simpson dan Dyers, taksonomi Krathwol dan teksbook kimia. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan desain penelitian analisis struktur konten dari Model of Educational Recontruction (MER). Teknik analisis data yang dilakukan adalah Teknik analisis data Milles dan Hubberman. Instrumen yang digunakan berupa tabel analisis standar isi dan tabel analisis struktur. Analisis struktur dilakukan dengan pedoman pada taksonomi Bloom revisi, taksonomi Dave dan Dyers. Analisis konten keluasan berpedoman pada buku SMA yang dikeluarkan oleh kemendikbud dan kedalaman materi berpedoman pada buku teks General Chemistry edisi & karangan Brady. Hasil penelitian didapatkan pada analisis struktur yaitu: (1) Elemen pemahaman kimia sudah sesuai dengan taksonomi Bloom revisi; (2) Elemen keterampilan proses hanya mendominasi keterampilan abstrak dan konkrit; (3) Elemen profil Pancasila terdapat ranah sikap. Sedangkan pada analisis konten yaitu: (1) Keluasan materi pada materi larutan penyangga sudah sesuai dengan buku SMA dan kemendikbud; (2) Kedalaman materi ada beberapa materi yang sesuai berdasarkan buku teks kimia karangan Brady edisi 7.References
Anggraini, D. L., Yulianti, M., Faizah, S. N., Belawati, A. P., Guru, P., & Ibtidaiyah, M. (2022). Peran guru dalam mengembangan kurikulum merdeka. 1(3).
Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamroni. (2019). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Brown, T. L., LeMay, H. E., Bursten, B. E., Murphy, C. J., Woodward, P. M., & Stoltzfus, M. W. (2018). Chemistry The Central Science (14th Editi). Pearson.
Chang, R., & Overby, J. (2012). General Chemistry: The Essential Concept (Sixth Edit).
Duit, R., & Tesch, M. (2010). On the role of the experiment in science teaching and learning – Visions and the reality of instructional practice. 17–30.
Dyers, J. . (2011). Innovators DNA: Mastering the Five Skills of Disruptive Innovators. Harvard Business Review.
Firdaus, H., Laensadi, A. M., Matvayodha, G., Siagiann, F. N., & Hasanah, I. I. (2022). Analisis Evaluasi Program Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 686-692
Jespersen, N. D., Brady, J. E., & Hyslop, A. (2015). Chemistry The Molecular Nature of Matter (7th Editio). John Wiley
Kurniasih, I., & Sani, B. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Kata Pena.
Maulida, U. (2022). PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS KURIKULUM MERDEKA. 5(2), 130–138.
Nurani, D., Anggraini, L., Misiyanto, & Mulia, K. R. (2022). Serba-serbi kurikulum merdeka. Direktorat Sekolah Dasar Kemendikbud.
Parwanto. (2006). Prosedur penelitian dengan pendekatan praktek. badan penelitian dan pengembangan departemen pendidikan nasional.
Ramda, A. H. (2017). Analisis kesesuaian materi buku teks Kemendikbud matematika kelas VII dengan Kurikulum 2013. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 12. https://doi.org/10.21831/pg.v12i1.14057
Setiawan, A., Jalmo, T., & Surbakti, A. (2018). Analisis Kesesuaian Materi Ruang Lingkup Biologi Pada Buku Teks SMA Kelas X. 1.
Widyastono, Herry. 2015. Pengembangan Kurikulum di Era Otonomi Daerah dari Kurikulum 2004, 2006 ke Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Copyright toward articles published by Entalpi Pendidikan Kimia is hold by Entalpi Pendidikan Kimia. In the other side, Entalpi Pendidikan Kimia also applied CC Attribution 4.0 which means you could 1) share — copy and redistribute the material in any medium or format; and 2) adapt — remix, transform, and build upon the material; for any purpose, even commercially. As long as you give us attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use. Entalpi Pendidikan Kimia also applied Open Access toward each published articles, so the published content will be available freely for public.