Komik kimia sebagai Alternatif Media Pembelajaran pada Materi Reaksi Reduksi dan Oksidasi Kelas X SMA

  • Sil Purnamasari
  • Ananda Putra

Abstract

Penggunaan media dalam proses pembelajaran akan mampu membantu menumbuhkan minat belajar peserta didik. Komik kimia dapat dijadikan sebagai salah satu inovasi alternatif media pembelajaran pada materi reaksi reduksi dan oksidasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan media pembelajaran dalam bentuk komik kimia pada materi reaksi reduksi dan oksidasi dengan menentukan tingkat validitas dan praktikalitas. Jenis penelitian yang adalah jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4-D, yang terdiri dari 4 tahap: define, design, develop, dan disseminate. Pada tahap disseminate tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan biaya. Angket validasi dan praktikalitas digunakan sebagai instrumen penelitian untuk melihat kevalidan dan kepraktisan komik kimia. Validitas dilakukan dengan 6 validator dan praktikalitas dilakukan dengan 30 peserta didik serta 4 orang guru kimia. Teknik analisa data ini menggunakan formula Kappa Cohen’s. Hasil dari uji validasi komik kimia memperoleh moment kappa (k) sebesar 0,82 dengan memiliki kategori sangat tinggi. Sementara itu hasil dari uji praktikalitas komik kimia memperoleh moment kappa (k) sebesar 0.86 dengan memiliki kategori sangat tinggi . Diharapkan untuk kedepannya dapat membuat media pembelajaran berbentuk komik pada materi lainnya.
Published
2020-11-07
How to Cite
Purnamasari, S., & Putra, A. (2020). Komik kimia sebagai Alternatif Media Pembelajaran pada Materi Reaksi Reduksi dan Oksidasi Kelas X SMA. Entalpi Pendidikan Kimia, 1(1). https://doi.org/10.24036/epk.v1i1.48
Section
Articles