Pengembangan Asesmen Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XI Pada Materi Kesetimbangan Kimia
Abstract
Materi Kesetimbangan Kimia yang harus dipahami dengan pemikiran tingkat tinggi yang salah satunya dapat dipahami dengan pemikiran secara kreatif. Untuk itu diperlukan Penelitian yang bertujuan untuk menyediakan asesmen keterampilan berpikir kreatif materi kesetimbangan kimia yang valid dan reliabel sehingga dapat digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian atau Research and Development (R & D) dan Metode yang dipakai adalah metode Mc. Intire dalam Mulyatiningsih. Mc Intire terdiri dari 10 tahapan, yaitu (1) Mendefinisikan kompetensi, peserta tes dan tujuan tes, (2)Mengembangkan rencana uji, (3) Menyusun item tes, (4) Menulis instruksi administrasi, (5) Melakukan uji coba, (6) Melakukan analisis item, (7) Merevisi tes, (8) Validasi tes, (9) Mengembangkan Norma, (10) Melengkapi tes manual. Dalam Menyusun tes dilakukan validasi menggunakan CVR, Sedangkan Uji Empirin menggunakan SPSS. Hasil Analisis validitas menggunakan CVR pada penelitian ini menunjukan nilai yang lebih besar dari 0,736 sehingga dapat dikatakan valid. Sedangkan Uji Empiris memiliki kategori soal baik tanpa revisi dan memiliki nilai reliabilitas yaitu 0,948 dengan alfa Cronbach.References
Depdiknas. (2006). Panduan Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Humaeroh, I. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatis Siswa Pada Materi Elektrokimia Melalui Model Open-Ended Problems. UIN JAKARTA.
Latisma, D. (2011). Evaluasi Pendidikan. Padang: UNP Press.
Lawshe, C. (1975). A Quantitative Approach to Content Validity. Personnel Psychology, 563-575.
Liliawati, W. (2011). Pembekalan Keterampilan Berpikir kreatif siswa SMA melalui pembelajaran fisika berbasis masalah. Bandung: UPI Press.
Mahmudi, A. (2008). Mengembangkan Soal Terbuka (Open-Ended) dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: UNY.
Maxwell, J. C. (2004). Berpikir Lain dari yang Biasanya (Thinking for a Change). Batam: Karisma Press.
Mulyasa, H. (2015). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mulyatiningsih, E. (2011). Riset Penerapan Bidang Pendidikan & Teknik. Yogyakarta: UNY Press.
Scotland, E. (2012). Chemistry Open-Ended Question Support Materials. Diambil kembali dari www.educationscotland.gov.uk
Silver, E. A. (1997). Fostering Creativity through instruction Rich in Mathematical Problem Solving and problem Posing. International Reviews on Mathematical Education, 75-80.
Siswono, T. (2011). Level Student's Creative Thinking in Classroom. Academic Journal, 548-553.
Copyright toward articles published by Entalpi Pendidikan Kimia is hold by Entalpi Pendidikan Kimia. In the other side, Entalpi Pendidikan Kimia also applied CC Attribution 4.0 which means you could 1) share — copy and redistribute the material in any medium or format; and 2) adapt — remix, transform, and build upon the material; for any purpose, even commercially. As long as you give us attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use. Entalpi Pendidikan Kimia also applied Open Access toward each published articles, so the published content will be available freely for public.