Pengembangan Asesmen Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XI Pada Materi Kesetimbangan Kimia

  • Vigo Vernando Universitas Negeri Padang
  • Zonalia Fitriza Universitas Negeri Padang

Abstract

Materi Kesetimbangan Kimia yang harus dipahami dengan pemikiran tingkat tinggi yang salah satunya dapat dipahami dengan pemikiran secara kreatif. Untuk itu diperlukan Penelitian yang bertujuan untuk menyediakan asesmen keterampilan berpikir kreatif materi kesetimbangan kimia yang valid dan reliabel sehingga dapat digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian atau Research and Development (R & D) dan Metode yang dipakai adalah metode Mc. Intire dalam Mulyatiningsih. Mc Intire terdiri dari 10 tahapan, yaitu (1) Mendefinisikan  kompetensi,  peserta  tes  dan  tujuan  tes, (2)Mengembangkan rencana uji, (3) Menyusun item tes, (4) Menulis instruksi administrasi, (5) Melakukan uji coba, (6) Melakukan analisis item, (7) Merevisi tes, (8) Validasi tes, (9) Mengembangkan Norma, (10) Melengkapi tes manual. Dalam Menyusun tes dilakukan validasi menggunakan CVR, Sedangkan Uji Empirin menggunakan SPSS. Hasil Analisis validitas menggunakan CVR pada penelitian ini menunjukan nilai yang lebih besar dari 0,736 sehingga dapat dikatakan valid. Sedangkan Uji Empiris memiliki kategori soal baik tanpa revisi dan memiliki nilai reliabilitas yaitu 0,948 dengan alfa Cronbach.

References

Azizah, Y. N. (2013). Pengembangan dan Analisis Soal tes Open-Ended Problem Dalam Mengukur Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada materi Minyak Bumi. Universitas Pendidikan Indonesia.
Depdiknas. (2006). Panduan Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Humaeroh, I. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatis Siswa Pada Materi Elektrokimia Melalui Model Open-Ended Problems. UIN JAKARTA.
Latisma, D. (2011). Evaluasi Pendidikan. Padang: UNP Press.
Lawshe, C. (1975). A Quantitative Approach to Content Validity. Personnel Psychology, 563-575.
Liliawati, W. (2011). Pembekalan Keterampilan Berpikir kreatif siswa SMA melalui pembelajaran fisika berbasis masalah. Bandung: UPI Press.
Mahmudi, A. (2008). Mengembangkan Soal Terbuka (Open-Ended) dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: UNY.
Maxwell, J. C. (2004). Berpikir Lain dari yang Biasanya (Thinking for a Change). Batam: Karisma Press.
Mulyasa, H. (2015). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mulyatiningsih, E. (2011). Riset Penerapan Bidang Pendidikan & Teknik. Yogyakarta: UNY Press.
Scotland, E. (2012). Chemistry Open-Ended Question Support Materials. Diambil kembali dari www.educationscotland.gov.uk
Silver, E. A. (1997). Fostering Creativity through instruction Rich in Mathematical Problem Solving and problem Posing. International Reviews on Mathematical Education, 75-80.
Siswono, T. (2011). Level Student's Creative Thinking in Classroom. Academic Journal, 548-553.
Published
2025-02-02
How to Cite
Vernando, V., & Fitriza, Z. (2025). Pengembangan Asesmen Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XI Pada Materi Kesetimbangan Kimia. Entalpi Pendidikan Kimia, 5(3), 19-25. https://doi.org/10.24036/epk.v5i3.482
Section
Articles