Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint-iSpring pada Materi Benzena dan Turunannya

  • Reni Perwasih Universitas Negeri Padang

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu aspek yang dapat mempengaruhi ketercapaian tujuan pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang dapat dimanfaatkan adalah media PowerPoint-iSpring. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dalam bentuk PowerPoint yang diintegrasikan dengan ISpring Suite pada materi Benzena dan Turunannya. Penelitian ini tergolong ke dalam penelitian Educational Design Research menggunakan model Plomp. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah preliminary research (penelitian pendahuluan) dan prototypong stage (pembentukan prototipe). Tahap pembentukan prototipe hanya dilakukan sampai terbentuknya prototipe III. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket validitas (konten, konstruk, dan kualitas teknik media) dan one to one evaluation dengan peserta didik. Data yang diperoleh diolah dengan formula Aiken's V. Hasil validitas yang diperoleh menunjukkan nilai sebesar 0,91 dengan kategori valid. Berdasarkan perolehan nilai yang didapat makan disimpulkan bahwa media pembelajaran PowerPoint-iSpring pada materi Benzena dan Turunannya dapat dikembangkan dan dinyatakan valid serta mendapatkan respon yang positif berdasarkan analisis jawaban peserta didik

References

Afandi, A. (2017). Media ICT dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan PowerPoint Interaktif dan I-Spring Presenter. Jurnal Terapan Abdimas, 2, 19. doi:https://doi.org/10.25273/jta.v2i0.972
Afrianti, M. N., & Marlina, M. (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Strategi Probing-Prompting bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jurnal Basicedu, 5(1), 272-279. doi:https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.653
Ariani, R., & Festiyed, F. (2019). Analisis Landasan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Pendidikan dalam Pengembangan Multimedia Interaktif. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 5(2), 155-162. doi:https://doi.org/10.24036/jppf.v5i2.107439
Arnyana, I. B. (2019). Pembelajaran untuk Meningkatkan Kompetensi 4C (Communication, Colaboration, Criticak Thingking, dan Creative Thingking) untuk Menyongsong Era Abad 21. Prosiding: Konferensi Nasional Matematika dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, 1(1), i-xiii. Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/knmipa/article/view/829
Arsyad, A. (2010). Media Pembelajaran. jakarta: rajagrafindo Persada.
Damayanti, D., & Dwiningsih, K. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Blended Learning pada Materi Sistem Periodik Unsur Kelas X SMA. Journal of Chemistry Education, 6(1), 16-23. doi:https://doi.org/10.26740/ujced.v6n1.p%25p
Danahy, J. W. (2001). Technology for Dynamic Viewing and Peripheral Vision in Landscape Visualization. Elzevier, 54(1-4), 127-138. doi:https://doi.org/10.1016/S0169-2046(01)00131
Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Diasputri, A., Nurhayati, S., & Sugiyo, W. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Probing-Prompting Berbantuan Lembar Kerja Berstruktur Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 7(1), 1103-1111. doi:https://doi.org/10.15294/jipk.v7i1.4411
Diastuti, Y., & Guspatni, G. (2023). Validitas, Praktikalitas dan Efektifitas Media Pembelajaran Power-Point-ISpring dalam Pembelajaran Kimia SMA/MA: Sebuah Studi Literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 15543-15549. doi:https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.8836
Fitrianto, M. A., & Septiana, A. R. (2024). The Effectiveness of Using Ispring Suite Media to Teach Simple Present and Simple Past on 10th Grandes of SMAN 1 Rejotangan. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(9), 80-99. doi:https://doi.org/10.572349/cendikia.v2i9.2543
Guspatni, G., Andromeda, A., & Bayharti, B. (2018). Peningkatan Aktivitas Menjawab dan Kualitas Jawaban Mahasiswa dengan Pertanyaan Prompting pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Kimia. Jurnal Eksakta Pendidikan, 2(1), 101. doi:http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36586
Hernawati, K. (2010). Modul Pelatihan Ispring Presenter. Yogyakarta: FMIPA UNY.
Jacobsen, D. A., Eggen, P., & Kauchak, D. (2009). Method for Teaching. New Jersey: Pearson Education, Inc.
Jalinus, N., & Ambiyar. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Jamilah, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint-ISpring Presenter pada Materi Kosakata Bahasa Arab Peserta didik Kelas V MI Tarbiyah Athfal Lampung Timur. Almhara: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(1), 141-150. doi:https://doi.org/10.14421/almahara.2019.051-08
Kustandi, C., Farhan, M., Zianadezdha, A., Fitri, A. K., & L, N. A. (2021). Pemanfaatan Media Visual dalam Tercapainya Tujuan Pembelajaran. Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(02), 291-299. doi:https://doi.org/10.34005/akademika.v10i02.1402
Lasmo, R. S., Bektriarso, S., & Harijanto, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Teknik Probing-Prompting terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(2), 162-167. doi:https://doi.org/10.19184/jpf.v6i2.5016
Levie, W. H., & Lentz, R. (1982). Effects of Text Illustrations. Educational Communication and Technology Journal, 195-232.
Mafluhah, S. F., & Setiawan, B. (2023). Penggunaan Model Pembelajaran Probing-Prompting Guna Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pelajaran IPS Kelas VII MTsN 1 Treggalek. Jurnal Bintang Pendidikan dan Bahasa, 1(3), 120-133. doi:https://doi.org/10.59024/bhinneka.v1i3
Muchtar, F. Y., Nasrah, N., & S, M. I. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Ispring Presenter untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bassicedu, 5(6), 5520-5529. doi:https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1711
Neni, S. (2015). Meningkatkan Penalaran Siswa terhadap Soal Matematik Berbasis Ceria Melalui Teknik probing-Prompting pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar bagi Siswa Kelas 8 di SMP Negeri 2 Kemranjen. Jurnal Saintek, 12(1), 56-66. doi:https://doi.org/10.30595/sainteks.v12i1.135
Nurhidayah, N., Buhungo, T. J., & Setiawan, D. G. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Probing-Prompting untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Suhu dan Kalor di SMA Negeri 4 Kota Gorontalo. Jurnal Jendela Pendidikan, 4(03), 310-321. doi:https://doi.org/10.57008/jjp.v4i03.914
Peni, N., Sumadji, S., & Suwanti, V. (2022). Pembelajaran Probing-Prompting Berbasis Demonstrasi untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2), 60-66. doi:https://doi.org/10.56393/pedagogi.v2i2.410
Rahmadani, N., Aswirna, P., Ramadhan, S., & Amalina, A. (2019). Penerapan Model Trait Treatment Interaction Berbantuan Aplikasi Ispring Suite untuk Mempengaruhi Literasi Sains di SMAN 16 Padang. Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 5(2), 861-975. doi:https://doi.org/10.15548/nsc.v5i2.1089
Rahman, T., & Rochintaniawati, D. (2001). Efektivitas Pertanyaan Pengarah Terhadap Penguasaan Konsep dan Retensi Siswa dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Pengajaran MIPA, 2(2), 27-37. doi:https://doi.org/10.18269/jpmipa.v2i2.34915
Riska, S. A., & Guspatni, G. (2022). The Efectiveness of PowerPoint-iSpring Integrated Multiple Chemical Refresentation Learning Media on Acid-Base Materials to Improve Students Learning Outcomes for Senior High School. Jurnal Pijar MIPA, 17(5), 577-580. doi:https://doi.org/10.29303/jpm.v17i5.3792
Said, S. (2023). Peran Teknologi Sebagai Media Pembelajaran di Era Abad 21. Jurnal Penkomi: Kajian Pendidikan dan Ekonomi, 6(2), 194-202. doi:https://doi.org/10.33627/pk.621300
Sanaky, H. A. (2009). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press.
Sari, A. D., & Suhendar, U. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Probing-Prompting untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII F SMP Negeri 1 Babadan. Jurnal Mahasiswa Muhammadiyah Ponorogo, 3(2), 57-69. doi:http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/6319
Sudjana, N., & Rivai, A. (2011). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Suhermin, S. (2014). Profil Media Slide Interaktif Berbasis MS PowerPoint pada Pokok Bahasan Substansi Genetika Kelas XI. BErkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 3(1), 333-334.
Sumargono, S., Susanto, H., & Rachmedita, V. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbantuan I-Spring Suite 6.2 untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Surakarta. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 2(1), 82-99. doi:https://doi.org/10.17977/um033v2i12019p082
Surapranata, S. (2006). Analisis, Validitas, Reliabilitas, dan Interpretasi Hasil Tes. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Susanto, H., Jamaludin, J., & Prawitasari, M. (2023). Evaluasi Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Sejarah Proklamasi Berbasis Android. Andharupa: Jurnal Desain Komunikasi visual dan Multmedia, 9(01), 130-143. doi:https://doi.org/10.33633/andharupa.v9i01.7054
Syafa'aten, S. (2016). Pengaruh Model Problem Based Intruction Disertai Teknik Probing-Prompting terhadap Ketetampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(5), 410-420. Retrieved from https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3612
Yuniasih, N., Aini, R. N., & Widowati, R. (2018). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Ispring Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V di SDN Ciptomulyo 3 Kota Malang. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 8(2), 85-94. doi:https://doi.org/10.21067/jip.v8i2.2647
Zakaria, Hadiarti, D., & Fadhilah, r. (2017). Pengembangan Instruen Evaluasi Berbasis CBT dengan Software iSpring Quizmaker pada Materi Kesetimbangan Kimia. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 5(2), 178-183. doi:https://doi.org/10.21831/jpms.v5i2.16709
Published
2024-12-28
How to Cite
Perwasih, R. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint-iSpring pada Materi Benzena dan Turunannya. Entalpi Pendidikan Kimia, 5(3). https://doi.org/10.24036/epk.v5i3.484
Section
Articles