Validasi Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Sosioscientific Inquiry Based Learning (SSIBL) Pada Materi Kinetika Kimia
Abstract
Permasalahan sosial dalam kehidupan seharusnya menjadi suatu hal yang menjadi sarana untuk meningkatkan kemampuan elaborasi mahasiswa. Penyajian isu dalam pembelajaran adalah suatu hal yang dapat dijadikan referensi dalam penyajian pembelajaran. Tahapan penyajian dalam LKM kinetika kimia mengikuti sintaks SSIBL yang terdiri dari tahap Ask, Find Out, dan Act yang diadopsi kedalam kegiatan pembelajaran pada LKM yakni Tahukah kamu sebagai tahapan awal pengenalan isu kepada mahasiswa, tahapan mari memprediksi untuk menggiring mahasiswa menemukan sebuah pertanyaan terkait isu, tahapan mari elaborasi yakni tahapan untuk mahasiswa mencari berbagai referensi untuk menemukan solusi dari isu, kemudian tahapan mengambil keputusan terkait dengan isu apakah mengemukakan alasan setuju atau tidak setuju. Penilaian akhir dari keputusan yang diambil yakni berdasarkan kategori alasan yang harus memenuhi kriteria alasan formal dan pertimbangan resiko. LKM divalidasi oleh ahli materi dengan mengahsilkan beberapa revisi untuk perbaikan konten LKM. Hasil validasi mendapat skor 0,95 dengan kategori sangat valid.References
Dalaila, I., Widiyaningrum, P., & Saptono, S. (2022). Developing E-Module Based on Socio-Scientific Issues to Improve Students Scientific Literacy. Journal of Innovative Science Education, 11(3), 285–294. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise/article/view/54500%0Ahttps://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise/article/download/54500/21239
Handayani, A., & Hastuti, P. W. (2018). Pengaruh Pendekatan Socio-Scientific Issues Terhadap Environmental Literacy Siswa Smp. Pend. Ilmu Pengetahuan Alam …, 419–422. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/ipa/article/view/12940
Kadi, T., & Awwaliyah, R. (2017). Inovasi Pendidikan : Upaya Penyelesaian Problematika Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Islam Nusantara, 1(2), 144–155. https://doi.org/10.33852/jurnalin.v1i2.32
Khasanah, S. U., & Setiawan, B. (2022). Penerapan Pendekatan Socio-Scientific Issues Berbantuan E-Lkpd Pada Materi Zat Aditif Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 10(2), 313–319. www.liveworksheet.com
Levinson, R. (2018). Introducing socio-scientific inquiry-based learning ( SSIBL ). Science and Society Research, 100(371), 31–35.
Puwarni, L., Sudargo, F., & Surakusumah, W. (2018). Analysis of student ’ s scientific literacy skills through socioscientific issue ’ s test on biodiversity topics Analysis of student ’ s scientific literacy skills through socio- scientific issue ’ s test on biodiversity topics. Journal of Physics: Conference Series PAPER, 1(1013012019), 1–8.
Rahayu, I. D., Permanasari, A., & Heliawati, L. (2022). The Effectiveness of Socioscientific Issue-Based Petroleum Materials Integrated with The Elsmawar Website on Students ’ Scientific Literacy. 3(2), 279–286. https://doi.org/10.46843/jiecr.v3i2.118
Rahmasari, T. P., Futra, D., & Widianita, W. (2022). Penggunaan Youtube sebagai Media Pembelajaran Kimia di SMAN Pintar Provinsi Riau. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau, 7(1), 55–63. https://doi.org/10.33578/jpk-unri.v7i1.7814
Rubini, B., Ardianto, D., Setyaningsih, S., & Sariningrum, A. (2019). Using Socio-scientific Issues in Problem Based Learning to Enhance Science Literacy. Journal of Physics: Conference Series, 1233(1), 8–12. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1233/1/012073
Rundgren, C.-J., & Chang Rundgren, S.-N. (2018). Aiming for responsible and competent citizenship through teacher professional development on teaching socioscientific inquiry-based learning (SSIBL). Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching, 19(2).
Sari, D. R., & Yusmaita, E. (2022). Validitas Konten dan Validitas Konstruk Panduan Teknis Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Literasi Kimia pada Materi Laju Reaksi. Entalpi Pendidikan Kimia, 61–68. file:///D:/PPG/ppg/materi 2/laju reaksi/2.pdf
Uzpen, B., & Houseal, A. K. (2019). Using Socio-scientific Issues in Problem Based Learning to Enhance Science Literacy Using Socio-scientific Issues in Problem Based Learning to Enhance Science Literacy. Journal of Physics : Conference Series, 1233012073, 8–12. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1233/1/012073
Wahyudi, L. E., Mulyana, A., Dhiaz, A., Ghandari, D., Putra, Z., Fitoriq, M., & Hasyim, M. N. (2022). Mengukur Kualitas Pendidikan di Indonesia. Ma’arif Jurnal of Education Madrasah Innovation and Aswaja Studies (MJEMIAS), 1(1), 18–22. https://jurnal.maarifnumalang.id/ (diunduh 10 Februari 2022)
Widyastuti, E., & Susiana. (2019). Using the ADDIE model to develop learning material for actuarial mathematics. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012052
Yani, J., & Afrianis, N. (2022). Analysis of student scientific literacy using the socio- scientific issues ( SSI ) approach on reaction rate. Jurnal Pendidikan Kimia, 14(1), 19–27.
Yustin, D. L., & Wiyarsi, A. (2019). Socio-scientific Issues ( SSI ) in Chemistry Education : Enhancing Both Students ’ Chemical Literacy & Transferable Skills Socio-scientific Issues ( SSI ) in Chemistry Education : Enhancing Both Students ’ Chemical Literacy & Transferable Skills. Journal of Physics: Conference Series PAPER, 1227012008. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1227/1/012008
Copyright toward articles published by Entalpi Pendidikan Kimia is hold by Entalpi Pendidikan Kimia. In the other side, Entalpi Pendidikan Kimia also applied CC Attribution 4.0 which means you could 1) share — copy and redistribute the material in any medium or format; and 2) adapt — remix, transform, and build upon the material; for any purpose, even commercially. As long as you give us attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use. Entalpi Pendidikan Kimia also applied Open Access toward each published articles, so the published content will be available freely for public.