Level Kesulitan Belajar Termokimia Peserta Didik Kelas XI di SMA Pekanbaru
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk menganalisis level kesulitan belajar pada materi termokimia kelas XI SMA Pekanbaru berdasarkan atribut soal dan lokasi sekolah. Jenis penelitian yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Data yang dianalisis berupa data dari instrumen tes diagnostik tipe Ordered Multiple Choice (OMC) menggunakan model Attribute Hierarchy Method (AHM) pada materi termokimia yang telah diisi oleh peserta didik kelas XI IPA sebanyak 125 orang berasal dari 3 SMA di Kota Pekanbaru Provinsi Riau. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa persentase tertinggi level kesulitan belajar Termokimia (berada pada level terendah) pada butir soal energi ikatan rata-rata sebanyak 39,3%, kalorimetri sebanyak 35,6%, serta atribut energi, kalor, dan entalpi sebanyak 34,8%. Selain itu diperoleh bahwa persentase tertinggi level kesulitan belajar termokimia berdasarkan sekolah yaitu peserta didik SMAN 14 Pekanbaru sebanyak 4 butir soal dan peserta didik SMAN 9 Pekanbaru sebanyak 2 butir soal.References
Agustina, R. R., Afadil, A., Rahmawati, S., & Tiwow, V. M. (2023). Learning Difficulties and Students' Ability Level During Pandemic Covid-19 on the Subject of Thermochemistry.Jurnal Akademika Kimia, Vol. 12 No. 1, 26-31. https://bit.ly/40hTkTk
Aswita, dkk. (2016). Identifikasi Kesulitan Siswa dalam Memahami Materi Termokimia dengan Menggunakan Three-Tier Multiple Choice Diagnostic Instrumen di kelas XI MIA 5 MAN MODEL Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia (JIMPK) Vol. 2 No. 1. https://bit.ly/3DGfMN4
Briggs, D.C., Alonzo, A.C., Schwab, C., & Wilson, M. (2006). Diagnostik Asessment With Ordered Multiple-Choice Items, Educational Assessment. https://bit.ly/4h5Dwc1
Briggs, D.C & Alonzo, A.C. (2009). The Psychometric Modeling of Ordered Multiple-Choice Item Responses for Diagnostik Assessment with a Learning Progression, Paper presented at The Learning Progresssion in Science (LeaPS) Conference, Iowa City. https://bit.ly/4gT9O9Y
Gierl, M.J., Alves, C., & Majeau, R.T. (2010). Using the Attribute Hierarchy Method to Make Diagnostic Inferences about Examinees’ Knowledge and Skills in Mathematics: An Operational Implementation of Cognitive Diagnostic Assessment. International Journal of Testing Vol. 10 No. 4, 318-341. https://bit.ly/4gYqOvt
Ismawati, R., & Trisnowati, E. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian Pengetahuan Awal (Prior Knowledge) Mahasiswa Pada Materi Termokimia. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 9(1), 65–76. https://doi.org/10.21580/phen.2019.9.1.2619
Kean dan Middlecamp. (1985). A Survival Manual For General Chemistry (Panduan Belajar Kimia Dasar), Penerjemah: A. Hadyana Pudjaatmaka, Gramedia, Jakarta.
Komalia, Santi Deva, Ijang Rohman, Rahmat Setiadi. (2024). Profil Pemahaman Siswa pada Konsep Termokimia dengan Menggunakan Praktikum Kalorimeter Ruang Hampa dan Kalorimeter Sederhana. Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia, 12 (1), 18-26. https://bit.ly/4fJqPT0
Kusumaningrum, Lian., Sri Yamtinah Dan Agung Nugroho Catur Saputro. (2015). Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Kesulitan Belajar Kimia SMA Kelas XI Semester I Menggunakan Model Teslet, Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol. 4 No. 4. https://bit.ly/3BKS4ih
Nivaldo. (2011). Introductory Chemistry. Person Education.
Novia, N., & Azhar, M. (2021). Pengembangan Modul Termokimia Berbasis Inkuiri Terstruktur untuk Kelas XI SMA. Entalpi Pendidikan Kimia, 2(2), 85-93. https://doi.org/10.24036/epk.v2i2.153
Rizki Rahmadhani, & Guspatni Guspatni. (2023). Deskripsi Kesulitan Belajar Siswa SMAN 3 Padang Panjang Pada Materi Asam Basa Kelas XI SMA/MA. Jurnal Arjuna : Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika, 1(4), 59–69. https://bit.ly/40mQbkY
Roghdah, Sanaa & Zammi, Muhammad & Mardhiya, Julia. (2021). Pengembangan Four-Tier Multiple Choice Diagnostic Test Untuk Mengetahui Tingkat Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Materi Termokimia. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, Vol. 11. 57-74. https://doi.org/10.21580/phen.2021.11.1.8573
Sri, Yamtinah, dan Budiyono. (2015). Pengembangan Instrumen Diagnosis Kesulitan Belajar Pada Pembelajaran Kimia Di SMA. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Volume 19, No 1. https://doi.org/10.21831/pep.v19i1.4557
Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Copyright toward articles published by Entalpi Pendidikan Kimia is hold by Entalpi Pendidikan Kimia. In the other side, Entalpi Pendidikan Kimia also applied CC Attribution 4.0 which means you could 1) share — copy and redistribute the material in any medium or format; and 2) adapt — remix, transform, and build upon the material; for any purpose, even commercially. As long as you give us attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use. Entalpi Pendidikan Kimia also applied Open Access toward each published articles, so the published content will be available freely for public.