Pengembangan LKPD Terintegrasi STEM-PBL (Science, Technology, Engineering, and Mathematics - Problem Based Learning) Pada Materi Hidrolisis Garam

  • Annisa Syafira
  • Effendi Effendi

Abstract

Salah satu target dari Kurikulum 2013 adalah menciptakan peserta didik yang berguna, imajinatif, artistik dan amotif serta mempunyai andil dalam aktivitas masyarakat. Sejalan pada kurikulum 2013, kecakapan abad 21 juga menuntut peserta didik untuk memiliki kemampuan 4C yaitu critical thinking, creativity, communication and colaboration.  Hal tersebut dapat diwujudkan dengan menerapkan model pembelajaran berbasis penyelesaian masalah (PBL) dengan pendekatan STEM. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD terintegrasi STEM-PBL pada materi Hidrolisis Garam dan menentukan validitas dan kepraktisan LKPD yang dikembangkan. Jenis penelitian berupa Research and Development (R&D) dengan menerapkan model 4D, yang meliputi empat tahap yaitu: tahap define, tahap design, tahap develop dan tahap disseminate. Penelitian ini dibatasi hingga tahap develop, tahap disseminate tidak dilaksanakan karena keterbatasan waktu. Instrumen penelitian berupa lembar validasi dan angket praktikalitas. Validitas dan juga kepraktisan data dianalisis menggunakan Formula Cappa Cohen. Berdasarkan hasil analisis angket validitas yang dilakukan oleh 5 orang validator didapatkan moment kappa (k) sejumlah 0,89 pada kategori kevalidan sangat tinggi. Hasil analisis uji praktikalitas terhadap 2 orang guru kimia diperoleh moment kappa (k) sejumlah 0,73 dengan kategori kepraktisan tinggi dan praktikalitas terhadap 9 orang peserta didik kelas XII sejumlah 0,92 pada kategori kepraktisan sangat tinggi. Hasil data mengungkapkan LKPD terintegrasi STEM-PBL valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran Kimia, terutama materi Hidrolisis Garam.
Published
2020-11-07
How to Cite
Syafira, A., & Effendi, E. (2020). Pengembangan LKPD Terintegrasi STEM-PBL (Science, Technology, Engineering, and Mathematics - Problem Based Learning) Pada Materi Hidrolisis Garam. Entalpi Pendidikan Kimia, 1(1). https://doi.org/10.24036/epk.v1i1.56
Section
Articles