Penerapan Model Project Based Learning dengan Pendekatan Chemo-Entrepreneurship Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Hidrolisis Garam
Abstract
Berdasarkan Global Creativity Index (GCI) tahun 2023, kemampuan berpikir kreatif di indonesia masih tergolong rendah. Selain itu, prestasi belajar siswa secara umum masih rendah, terutama pada materi pelajaran hidrolisis garam, hanya 25% siswa yang berhasil mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum yang telah ditetapkan di sekolah. hal itu, karena mata pelajaran hidrolisis garam merupakan mata pelajaran yang bersifat abstrak serta minimnya variasi pembelajaran yang menekankan pada kreativitas siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model project based learning dengan pendekatan chemo-entrepreanurship terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi hidrolisis garam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis quasi eksperiment dengan rancangan posttest only control grup design. Instrument penelitian berupa tes hasil belajar dengan nilai reliabilitas 0,802 dan lembar angket dengan nilai reliabilitas sebesar 0,775. Analisis data menggunakan uji T bebas dan uji Manova. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh model PjBL dengan pendekatan CEP terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi hidrolisis garam dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05.Copyright toward articles published by Entalpi Pendidikan Kimia is hold by Entalpi Pendidikan Kimia. In the other side, Entalpi Pendidikan Kimia also applied CC Attribution 4.0 which means you could 1) share — copy and redistribute the material in any medium or format; and 2) adapt — remix, transform, and build upon the material; for any purpose, even commercially. As long as you give us attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use. Entalpi Pendidikan Kimia also applied Open Access toward each published articles, so the published content will be available freely for public.


