Penerapan Model Project Based Learning dengan Pendekatan Chemo-Entrepreneurship Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Hidrolisis Garam

  • Nuris Lailiya Mufadilah UIN Sayyid Ali Rahmatullah
  • Ali Amirul Mu’minin UIN Sayyid Ali Rahmatullah

Abstract

Berdasarkan Global Creativity Index (GCI) tahun 2023, kemampuan berpikir kreatif di indonesia masih tergolong rendah. Selain itu, prestasi belajar siswa secara umum masih rendah, terutama pada materi pelajaran hidrolisis garam, hanya 25% siswa yang berhasil mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum yang telah ditetapkan di sekolah. hal itu, karena mata pelajaran hidrolisis garam merupakan mata pelajaran yang bersifat abstrak serta minimnya variasi pembelajaran yang menekankan pada kreativitas siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model project based learning dengan pendekatan chemo-entrepreanurship terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi hidrolisis garam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis quasi eksperiment dengan rancangan posttest only control grup design. Instrument penelitian berupa tes hasil belajar dengan nilai reliabilitas 0,802 dan lembar angket dengan nilai reliabilitas sebesar 0,775. Analisis data menggunakan uji T bebas dan uji Manova. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh model PjBL dengan pendekatan CEP terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi hidrolisis garam dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05.

Author Biography

Ali Amirul Mu’minin, UIN Sayyid Ali Rahmatullah
Program Studi Tadris Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah, Tulungagung, Indonesia
Published
2025-11-13
How to Cite
Mufadilah, N., & Mu’minin, A. (2025). Penerapan Model Project Based Learning dengan Pendekatan Chemo-Entrepreneurship Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Hidrolisis Garam. Entalpi Pendidikan Kimia, 6(3), 133-141. https://doi.org/10.24036/epk.v6i3.563
Section
Articles