Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint-iSpring Terintegrasi Tiga Level Representasi Kimia dan Pertanyaan Prompting pada Materi Sifat Koligatif Larutan Kelas XII SMA/MA
Abstract
Materi sifat koligatif larutan membutuhkan interkonektifitas ketiga level representasi kimia untuk membangun model mental siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengembangankan media pembelajaran PowerPoint-iSpring terintegrasi tiga level representasi kimia dan pertanyaan prompting pada materi sifat koligatif larutan. Model pengembangan 4-D dipilih pada penelitian ini. Validasi dari media pembelajaran PowerPoint-iSpring dilakukan oleh dosen kimia UNP dan guru kimia yang masing-masing berjumlah tiga orang. Angket validasi dijadikan sebagai instrumen penelitian untuk melihat tingkat validitas dari media pembelajaran PowerPoint-iSpring. Teknik analisa data menggunakan teknik Aiken’s V. Hasil dari uji validitas menggnakan Aiken’s V diperoleh nilai rata-rata V sebesar 0,86 yang termasuk dalam kategori valid. Dapat disimpulkan bahwa bahwa media PowerPoint-iSpring terintegrasi tiga level representasi kimia dan pertanyaan prompting yang dikembangkan sudah valid.References
Elpira, N., & Ghufron, A. (2015). "Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV SD." Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(1), 94–104. https://doi.org/10.21831/tp.v2i1.5207
Farida, I. (2013). "The Importance Of Development Of Representational Competence In Chemical Problem Solving Using Interactive Multimedia." Science Education. http://s3.amazonaws.com/academia.edu.documents/31933516/makalah_seminar_intr.pdf?AWSAccessKeyId=AKIAJ56TQJRTWSMTNPEA&Expires=1473248224&Signature=hvhFuiq2HQOiNmeo0yBMxrUS2uk%3D&response-content-disposition=inline%3B filename%3DThe_Importance_of_Developmen
Herawati, R., Mulyani, S., & Redjeki, T. (2013). "Pembelajaran Kimia Berbasis Multiple Representasi Ditinjau Dari Kemampuan Awal Terhadap Prestasi Belajar Laju Reaksi Siswa Sma Negeri I Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012." Jurnal Pendidikan Kimia, 2(2), 38–43.
Himmah, F. (2017). "Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Ispring Suite 8 Pada Sub Materi Zat Aditif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VIII." E-Journal Unesa, 5(02), 73–82.
Jalil, M. (2019). "Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Materi Tsunami Melalui Metode Diskusi Inkuiri Disertai Penerapan Media PowerPoint Pada Siswa Kelas X SMK Roudlotus Saidiyyah." Jurnal Tadris Biologi, October.
Jamilah, N. (2019). "Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Ispring Presenter Pada Materi Kosakata Bahasa Arab Peserta Didik Kelas V MI Tarbiyatul Athfal Lampung Timur." Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(1), 141–154. https://doi.org/10.14421/almahara.2019.051-08
Kementerian, Pendidikan, & Kebudayaan. (2014). "Permendikbud no.36 tahun 2014." Permendikbud, 1–12.
Kurnia, N., Darmawan, D., & Maskur, M. (2018). "Efektivitas Pemanfaatan Multimedia Pembelajaran Berbantuan Ispring dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Bahasa Arab." Teknologi Pembelajaran, 3(1), 451–461. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/tekp/article/view/158
Mairisiska, T., Sutrisno, S., & Asrial, A. (2014). "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis TPACK pada Materi Sifat Koligatif Larutan untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa." Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(1). https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v3i1.1764
Neni, S. (2015). "Meningkatkan Penalaran Siswa Terhadap Soal Matematika Berbasis Cerita Melalui Teknik Probing-Prompting Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Bagi Siswa Kelas 8 di SMP Negeri 2 Kemranjen." Jurnal Saintek, 12(1).
Ramadhani, D., Fatmawati, E., & Oktarika, D. (2019). "Pelatihan Pembuatan Media Evaluasi Dengan Menggunakan iSpring Di Sma Wisuda Kota Pontianak." Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 24. https://doi.org/10.31571/gervasi.v3i1.1194
Sanaky H. (2009). "Buku Media Pembelajaran Interaktif Inovatif." Safria Insania Press.
Sasahan, E. Y., Oktova, R., & I.R.N., O. O. (2017). "Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif tentang Optika Berbasis Android Menggunakan Perangkat Lunak iSpring Suite 7.0 untuk Mahasiswa S-1 Pendidikan Fisika pada Pokok Bahasan Interferensi Cahaya." Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya), 2, 52. https://doi.org/10.20961/prosidingsnfa.v2i0.16364
Sastrakusumah, E. N. (2018). "Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Aplikasi Ispring Presenter Terhadap Kemampuan." Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1).
Sunyono, Wirya, I. W., dan S. (2009). "Identifikasi Masalah Kesulitan dalam Pembelajaran Kimia SMA Kelas X di Propinsi Lampung." Jurnal Pendidikan MIPA, 9(18).
Sunyono. (2012). "Kajian Teoritik Model Pembelajaran Kimia Berbasis Multipel Representasi (Simayang) dalam Membangun Model Mental Pebelajar." Prosiding Seminar Nasional Sains, Universitas Negeri Surabaya, 486–495.
Sunyono, Yuanita, L., & Ibrahim, M. (2015). "Supporting Students in Learning with Multiple Representation to Improve Student Mental Models on Atomic Structure Concepts." Science Education International, 26(2), 104–125.
Trianto. (2012). "Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif." Kencana Prenada Media Group.
Wardani, A. (2013). "Pengaruh Pendekatan Inquiry Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kimia." Kependidikan Kimia “Hydrogen,” 1, 41–50.
Yuliansah. (2018). "Efektivitas Media Pembelajaran PowerPoint Berbasis Animasi." Jurnal Efisiensi, XV(2), 24–32.
Copyright toward articles published by Entalpi Pendidikan Kimia is hold by Entalpi Pendidikan Kimia. In the other side, Entalpi Pendidikan Kimia also applied CC Attribution 4.0 which means you could 1) share — copy and redistribute the material in any medium or format; and 2) adapt — remix, transform, and build upon the material; for any purpose, even commercially. As long as you give us attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use. Entalpi Pendidikan Kimia also applied Open Access toward each published articles, so the published content will be available freely for public.