Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint-iSpring Terintegrasi Multipel Representasi Kimia Pada Materi Asam Basa Kelas XI SMA/MA

  • Veny Nugiasari Universitas Negeri Padang
  • Guspatni Guspatni Universitas Negeri Padang
Keywords: PowerPoint-iSpring, Multipel Representasi Kimia, Asam Basa, R&D

Abstract

Media pembelajaran PowerPoint-iSpring pada materi asam basa kelas XI SMA/MA ini terintegrasi multipel representasi kimia yang mana pemahaman siswa ditunjukkan oleh kemampuannya untuk mentransfer dan menghubungkan tiga level representasi kimia yaitu, makroskopik, submikroskopik dan simbolik. Interkoneksi ketiga level representasi ini merupakan kunci pokok dalam memecahkan permasalahan kimia, salah satunya pada materi asam basa. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaranPowerPoint-iSpring terintegrasi multipel representasi kimia pada materi asam basa kelas XI SMA/MA. Jenis penelitian ini dikembangkan menggunakan Research and Development (R&D). Model 4D adalah model yang digunakan pada penelitian ini yang terdiri dari 4 tahap yakni tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Instrumen penelitian yang digunakan yakni berupa angket dari lembar validasi. Data hasil validasi diolah dengan 2 teknik yakni menggunakan teknik Cohen’s Kappa dan Aiken’s V. Nilai rata-rata moment kappa dengan menggunakan teknik Cohen’s Kappa adalah 0,90 dengan kategori kevalidan sangat tinggi dan nilai rata-rata V dengan menggunakan teknik Aiken’s V sebesar 0,89 dengan kategori valid. Hasil analisis data uji validitas tersebut dapat diketahui bahwa media pembelajaran PowerPoint-iSpring terintegrasi multipel representasi kimia pada materi asam basa kelas XI SMA/MA sudah valid.

Author Biographies

Veny Nugiasari, Universitas Negeri Padang
Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Negeri Padang
Guspatni Guspatni, Universitas Negeri Padang
Dosen Jurusan Kimia, Universitas Negeri Padang

References

1. Budiana HR. Pemanfaatan Teknologi Komunikasi Dan Informasi Dalam Pembelajaran PKN. Phinisi Integr Rev 2015;2(2):238.
2. Winda N. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. STILISTIKA J Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya 2016;1(1):87–94.
3. Zubair S. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Software Macromedia Flash 8 dan Power Point Pada Materi Pokok Asam Basa. J Pendidik Fis 2015;3(2):130–6.
4. Vegetama MR. Pengaruh Penggunaan Media Macromedia Flash Dan Powerpoint Pada Pembelajaran Langsung Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X1 IPA SMA Negeri 2 Sungguminasa (Studi Pada Materi Pokok Asam-Basa). Chem Educ J 2018;68–76.
5. Nurseto T. Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. J Ekon dan Pendidik 2012;8(1):19–35.
6. Afandi A. Media Ict Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Powerpoint Interaktif Dan Ispring Presenter. J Terap Abdimas 2017;2:19.
7. Sasahan EY, Oktova R, I.R.N. OO. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif tentang Optika Berbasis Android Menggunakan Perangkat Lunak Ispring Suite 7.0 untuk Mahasiswa S-1 Pendidikan Fisika pada Pokok Bahasan Interferensi Cahaya. Pros SNFA (Seminar Nas Fis dan Apl 2017;2:52.
8. Suprapti E. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Kooperatif Tipe STAD dengan Media Powerpoint Ispring pada Materi Jajargenjang, Layang-Layang dan Trapesium di Kelas VII SMP. MUST J Math Educ Sci Technol 2016;1(1):57.
9. Sastrakusumah EN. Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Aplikasi Ispring Presenter Terhadap Kemampuan. 2018;3.
10. Hadiarti D, Fadhilah R. Pengembangan Instrumen Evaluasi Berbasis CBT dengan Software iSpring QuizMaker pada Materi Kesetimbangan Kimia. J Pendidik Mat dan Sains 2017;5(2):178–83.
11. Anwar MS, Choirudin C, Ningsih EF, Dewi T, Maseleno A. Developing an Interactive Mathematics Multimedia Learning Based on Ispring Presenter in Increasing Students’ Interest in Learning Mathematics. Al-Jabar J Pendidik Mat 2019;10(1):135–50.
12. Kurnia N, Darmawan D, Maskur M. Efektivitas Pemanfaatan Multimedia Pembelajaran Berbantuan Ispring dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Bahasa Arab. Teknol Pembelajaran [Internet] 2018;3(1):451–61.
13. Sheppard K. High school students’ understanding of titrations and related acid-base phenomena. Chem Educ Res Pract 2006;7(1):32–45.
14. Sunyono. Kajian Teoritik Model Pembelajaran Kimia Berbasis Multipel Representasi (SiMayang) Dalam Membangun Model Mental Pembelajar. Pros Semin Nas Sains 2012;
15. Talanquer V. Macro, submicro, and symbolic: The many faces of the chemistry “triplet.” Int J Sci Educ 2011;33(2):179–95.
16. Farida I. Interkoneksi Multipel Level Representasi Mahasiswa Calon Guru pada Kesetimbangan dalam Larutan melalui Pembelajaran Berbasis Web. Disertasi Univ Pendidik Indones 2012;
17. Mashami RA, Andayani Y, Gunawan G. Pengaruh Media Animasi Submikroskopik Terhadap Peningkatan Kemampuan Representasi Siswa. Hydrog J Kependidikan Kim 2014;2(1):149.
18. Treagust DF, Chittleborough G, Mamiala TL. The role of submicroscopic and symbolic representations in chemical explanations. Int J Sci Educ 2003;25(11):1353–68.
19. Asmiyunda A, Guspatni G, Azra F. Pengembangan E-Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Kelas XI SMA/ MA. J Eksakta Pendidik 2018;2(2):155.
20. Pakesa CM, Yusmaita E. Perancangan Assesmen Literasi Kimia pada Materi Laju Reaksi Kelas XI SMA / MA. EduKimia J 2019;1(4):84–9.
21. Trianto. Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. 2011.
22. Mukminan. Pengembangan Media Pembelajaran. 2008.
23. Arsyad A. Media Pembelajaran. 2016.
24. Sanaky HAH. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. 2013.
25. Adyani L, Agustini R, Raharjo R. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbantuan Media Animasi Interaktif Berbasis Game Edukasi Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. JPPS (Jurnal Penelit Pendidik Sains) 2017;4(2):648.
26. Suhermin. Profil Media Slide Interaktif Berbasis MS. PowerPoint Pada Pokok Bahasan Substansi Genetika Kelas XII. Berk Ilm Pendidik Biol 2017;6(1):21–30.
27. Sadiman AS. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. 2006.
28. Sukiman. Pengembangan Media Pembelajaran. 2012.
Published
2020-11-06
How to Cite
Nugiasari, V., & Guspatni, G. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint-iSpring Terintegrasi Multipel Representasi Kimia Pada Materi Asam Basa Kelas XI SMA/MA. Entalpi Pendidikan Kimia, 1(1). https://doi.org/10.24036/epk.v1i1.9
Section
Articles