Pengembangan Multimedia Pembelajaran PowerPoint-iSpring Terintegrasi Pertanyaan Prompting pada Materi Termokimia Kelas XI SMA/MA

  • Intan Prima Delvi Universitas Negeri Padang
  • Guspatni Guspatni Universitas Negeri Padang
Keywords: Multimedia Pembelajaran PowerPoint-iSpring, Pertanyaan Prompting, Termokimia

Abstract

Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan dan mengaktifkan siswa dalam menemukan konsep. Peneltian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia PowerPoint-iSpring terintegrasi pertanyaan prompting pada materi termokimia kelas XI SMA/MA. Model pengembangan yang digunakan yaitu model 4D. Penelitian ini dibatasi sampai tahap pengembangan dengan melakukan uji validitas multimedia PowerPoint-iSpring. Instrumen penelitian berupa lembar validasi yang diberikan kepada lima orang yang terdiri dari dua orang dosen kimia FMIPA UNP, dua orang guru SMAN 3 Batusangkar dan satu orang guru kimia SMAN 1 Batusangkar. Teknik analisis data menggunakan indeks Aiken’s V dan diperoleh rata-rata nilai indeks Aiken’s V sebesar 0,87 dengan kategori valid. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran yang dikembangkan telah valid.

Author Biographies

Intan Prima Delvi, Universitas Negeri Padang
Mahasiswa program studi pendidikan kimia, Universitas Negeri Padang
Guspatni Guspatni, Universitas Negeri Padang
Dosen jurusan kimia, Universitas Negeri Padang

References

Afandi, A. (2017). Media ICT dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan PowerPoint Interaktif dan iSpring Presenter. Jurnal Terapan Abdimas, 2, 19–26.
Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.
Aswita., R., dan Ratu, F. I. . (2017). Identifikasi Kesulitan Siswa dalam Memahami Materi Termokimia dengan Menggunakan Three-Tier Multiple Choice Diagnostic Instrument di Kelas XI MIA 5 MAN MODEL Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia (JIMPK), 2(1), 35–44.
Ditama, V., Saputro, S., dan Catur, A. N. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif dengan Menggunakan Program Adobe Flash untuk Pembelajaran Kimia Materi Hidrolisis Garam SMA kelas XI. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK)., 4(2), 23–31.
Doyan, A., Taufi, M., dan Anjani, R. (2018). Pengaruh Pendekatan Multi Representasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau dari Motivasi Belajar Peserta didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA (JPPIPA)., 4(1), 35–45.
Hayati, E. N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Elektronik pada Materi Termokimia untuk Siswa Kelas XI. Universitas Negeri Malang.
Hernuseputro, M. B. (2016). Pengembangan Media Mobile Learning pada Materi Termokimia. Universitas Negeri Jakarta.
Huda, T.A., Fadiawati, N., dan Tania, L. (2015). Pengembangan E-book Interaktif pada Materi Termokimia Berbasis Representasi Kimia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 4(2), 530–542.
Irwanto dan Nurmalatika, T. (2019). Implementasi Program PowerPoint-iSpring dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Gerak Lurus dan Motivasi Belajar Siswa di SMPN 2 Tarongong Kidul Garut. Edu Komputika Journal, 6, 38–48.
Jacobsen, D.A., Eggen, P., dan Kauchak, D. (2009). Methods For Teaching. Person Education.
Jalinus, N., dan A. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran. Kencana.
Kurnia, N., Darmawan, D., dan M. (2018). Efektivitas Pemanfaatan Multimedia Pembelajaran Berbantuan iSpring dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar dalam Pelajaran Bahasa Arab. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1).
Lasmo, S.R., Bektiarso, S., dan H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Teknik Probing-Prompting terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(2), 162–167.
Munir. (2012). Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Alfabeta.
Pribadi, B. . (2017). Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Kencana.
Puji, K. M., Gulo, G., dan Ibrahim, A. R. (2014). Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Pembelajaran Bentuk Molekul di SMA. Jurnal Pendidikan Kimia, 1(1), 59–65.
Rahman, T., dan Rochintaniawati, D. (2001). Efektivitas Pertanyaan Pengarah Terhadap Penguasaan Konsep dan Retensi Siswa dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Pengajaran MIPA, 2(2), 27–37.
Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif instrument Penelitian. Parama Publishing.
Sasmito, A. P dan Herwanto, H. W. (2014). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif dengan serious game pada Mata Pelajaran Kimia. TEKNO, 19(1), 15–20.
Sudjana, N dan Rivai, A. (2011). Media Pengajaran. Sinar Baru Algesindo.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sumarni, W., Sudramin., Kadarwati, S. (2013). Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Konsep Kimia dan Keterampilan Berpikir Mahsasiswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(1), 69–77.
Suprapti, E. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Kooperatif Tipe STAD dengan Media PowerpPoint iSpring pada Materi Jajargenjang, Layang-layang, dan Trapesium di Kelas VII SMP. Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 1(1), 57–68.
Susilana, Rudi dan Riyana, C. (2009). Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan dan Penelitian. CV Wacana Prima.
Sutjipto, B. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Ghalia Indonesia.
Tasker, R., dan Dalton, R. (2009). Research into Practice: Visualisation of the Moles World Using Animations. Chemistry Education Research and Practice, 7(2), 141–159.
Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu. Bumi Aksara.
Zainiyati, H. . (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT. Konsep dan Aplikasi pada Pembelajaran Agama Islam. Kencana.
Zakaria, Z., Hadiarti, D., & Fadhilah, R. (2017). Pengembangan Instrumen Evaluasi Berbasis CBT dengan Software iSpring QuizMaker pada Materi Kesetimbangan Kimia. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 5(2), 178–183.
Published
2020-11-13
How to Cite
Delvi, I., & Guspatni, G. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran PowerPoint-iSpring Terintegrasi Pertanyaan Prompting pada Materi Termokimia Kelas XI SMA/MA. Entalpi Pendidikan Kimia, 1(1). https://doi.org/10.24036/epk.v1i1.90
Section
Articles