Pengembangan Konten Pembelajaran E-Learning untuk Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Menggunakan Aplikasi Moodle
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan konten pembelajaran e-learing menggunakan aplikasi moodle mata pelajaran kimia materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model penelitian yang digunakan adalah model 4-D dengan tahap define, design,develop dan disseminate. Tahap penelitian ini hanya terbatas hingga tahap develop (hanya validasi). Uji praktikalitas tidak bisa dilakukan karena pandemi Covid-19. Jumlah validator untuk penelitian ini adalah 7 validator. Hasil dari angket validasi akan dianalisis menggunakan formula kappa Cohen. Hasil penelitian membuktikan bahwa rata-rata momen kappa validitas konten adalah 0,77 dan validitas konstruk 0,84 dengan kategori kevalidan tinggi dan sangat tinggi.References
Anggrayni, Y. (2010). Pengaruh Penerapan Model E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Plus Negeri 17 Palembang. Jurnal Profit, 5(2), 13.
Arianti, V. A., & Zainul, R. (2020). Development of E-Module Based On Discovery Learning On Topic Of Electrolyte and Non-Electrolyte Solutions For Grade X SMA/MA. Edukimia, 2(2), 79-84.
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.
Desinta Dwi Nuriyanti, N. R. U., Supriyanto. (2013). Pengembangan E-Learning Berbasis Moodle Sebagai Media Pembelajaran Sistem Gerak Di SMA. Unnes Journal of Biology Education, 2(3), 8.
Diantika Rosalina, L. R. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle Pada Standar Kompetensi Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika Kelas X TEI Di SMK Negeri 3 Jombang. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 06(01), 6.
Hakim, A. R. (2018). Pengembangan E-Learning Berbasis Moodle Sebagai Media Pengelolaan Pembelajaran. Kodifikasia, 12(2), 17.
Lestari, E., Abdur Rahman As’ari. (2013). Pengembangan Modul Pembelajaran Soal Cerita Matematika Kontekstual Berbahasa Inggris untuk Siswa Kelas X. Artikel.
Lusi, D. F., & Zainul, R. (2018). Efektivitas Modul Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit Berbasis Discovery Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIPA SMAN 2 Bukittinggi.
Mahirah, B. (2017). Evaluasi Belajar Peserta Didik (Siswa). Jurnal Idaarah, 1(2), 10.
Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi Dan Kominukasi. Alfabeta.
Omrod, J. (2014). Psikologi Pendidikan. Erlangga.
Prasojo, L. D. (2009). Model Manajemen E-Learning Di Perguruan Tinggi. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 6(2), 14.
Purwanto, N. (2006). Prinsip - Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Remaja Rosdakarya.
S. Boslaugh, A. P. (2008). Statistics in a Nutshell, a desktop quick reference. O’reilly.
Saraswati, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Elektronik (E-Learning) Berbasis Situs Web Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Koperasi Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri Pajangan 1 Tahun Ajaran 2017/2018 Universitas Negeri Yogyakarta]. Yogyakarta.
Setiadi, T., & Zainul, R. (2019). Pengembangan e-modul asam basa berbasis discovery learning untuk kelas XI SMA/MA.
Sugiono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Tayeb, T. (2017). Analisis Dan Manfaat Model Pembelajaran. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 8. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/auladuna.v4i2a5.2017
Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bumi Aksara.
Wahyuningtyas, N., Zainul, R., Adri, M., Wedi, A., Surahman, E., Aisyah, E. N., Oktaviani, H. I., Meilanie, R. S. M., Purnamawati, S. N., & Listyasari, W. D. (2020). Development of Moodle-based Content Learning System in MKDK Student Development Subjects at LPTK in Indonesia. Journal of Physics: Conference Series,
Zainul, R., Adri, M., Wahyuningtyas, N., Wedi, A., Surahman, E., Aisyah, E. N., Oktaviani, H. I., Meilanie, R. S. M., Purnamawati, S. N., & Listyasari, W. D. (2020). Development of e-Learning Courses for Subjects about ‘Learn and Learning’with Moodle-based for Prospective Teacher in Indonesia. Journal of Physics: Conference Series,
Copyright toward articles published by Entalpi Pendidikan Kimia is hold by Entalpi Pendidikan Kimia. In the other side, Entalpi Pendidikan Kimia also applied CC Attribution 4.0 which means you could 1) share — copy and redistribute the material in any medium or format; and 2) adapt — remix, transform, and build upon the material; for any purpose, even commercially. As long as you give us attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use. Entalpi Pendidikan Kimia also applied Open Access toward each published articles, so the published content will be available freely for public.