PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES HIGHER ORDER THIKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT UNTUK SISWA SMA/MA.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrument tes higher order thinking skill (HOTS) pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research And Development (R&D) dengan menggunakan model plomb yang terdiri dari tiga (3) tahap adalah Preliminary Research, Prototyping Stage dan Assasment phase. Instrumen tes HOTS divalidasi oleh 5 orang dosen kimia FMIPA UNP dengan menggunakan angket validasi konten dan kontruk. Teknik analisis data konten dengan menggunakan lawshe’s CVR mendapatkan hasil 1.00 yang menandakan hasil konten diterima/ valid dengan kategori sangat tinggi dan menghasilkan validitas konten pada CVI sebesar 1.00, sedangkan validasi konstruk mengunakan formula kappa cohen. validasi konstrak sebesar 0.83. koefisian reliabilitas sebesar 0,85 dengan kategori snagat tinggi. Analisis daya pembeda menujukukan 6 memiliki kualitas daya pembeda sangat baik, 3 soal memiliki daya pembeda baik dan 17 butir soal dengan daya pembeda sedang dan 2 soal memiliki daya pembeda jelek. koefisien korelasi skor total adalah 0.74 dengan kategori signifikan. Hasil analisis indeks kesukaran terdapat 18 butir soal memiliki indeks kesukaran sedang, memiliki indeks kesukaran mudah adalah 12 butir soal. Soal dengan indeks kesukaran sukar.fungsi distraktor pada seluruh soal kurang efektif.Copyright toward articles published by Entalpi Pendidikan Kimia is hold by Entalpi Pendidikan Kimia. In the other side, Entalpi Pendidikan Kimia also applied CC Attribution 4.0 which means you could 1) share — copy and redistribute the material in any medium or format; and 2) adapt — remix, transform, and build upon the material; for any purpose, even commercially. As long as you give us attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use. Entalpi Pendidikan Kimia also applied Open Access toward each published articles, so the published content will be available freely for public.