Validitas Media Pembelajaran PowerPoint-iSpring Terintegrasi Pertanyaan Prompting pada Materi Faktor-faktor Mempengaruhi Pergeseran Kesetimbangan Kimia Kelas XI SMA/MA

Keywords: Factors Influencing Shifting Chemical Equilibrium, Learning Media Powerpoint-Ispring, Plomp, Question Prompting, Validity.

Abstract

ABSTRACTFactors that affect the shift in chemical equilibrium are materials that are still difficult for high school students, students experience misconceptions and have low understanding and motivation to learn. The demands of the 2013 curriculum should be student-centered learning and apply information and communication technology in the learning process. This research aims to develop integrated PowerPoint-iSpring learning media prompting questions on material factors influencing chemical equilibrium shifts of grade XI SMA/MA. The type of research used is development research using plomp model. PowerPoint-iSpring learning media is integrated with prompting questions. Questions are equipped with feedback on right or wrong answers so that students can be led in the learning process. The PowerPoint-iSpring learning medium also contains quiz questions and evaluation questions to be able to measure the extent to which students' understanding of the material factors influence chemical equilibrium shifts. Instumen analysis of data used in the form of validity questionnaires. The results of the assessment of each validity questionnaire assessed using Aikens'V obtained an average score of content validity, construct validity, and validity of media experts 0.091;0,907;0.933 with valid category. This research needs to be followed up in the form of practicality tests and effectiveness tests to know the practicality and effectiveness of developed media.Keywords: Factors Influencing Shifting Chemical Equilibrium, Learning Media Powerpoint-Ispring, Plomp, Question Prompting, Validity.ABSTRAKFaktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran kesetimbangan kimia merupakan materi yang masih sulit bagi siswa SMA, siswa mengalami miskonsepsi dan mempunyai pemahaman dan motivasi belajar yang rendah. Tuntutan pada kurikulum 2013 seharusnya pembelajaran bersifat student-centered dan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran PowerPoint-iSpring terintegrasi pertanyaan prompting pada materi faktor-faktor mempengaruhi pergeseran kesetimbangan kimia kelas XI SMA/MA. Jenis penelitian yang digunakan adalah development research dengan menggunakan model Plomp. Media pembelajaran PowerPoint-iSpring diintegrasikan dengan pertanyaan menuntun (prompting). Pertanyaan dilengkapi dengan feedback jawaban benar atau salah sehingga siswa dapat dituntun dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran PowerPoint-iSpring juga berisi soal kuis dan soal evaluasi untuk dapat mengukur sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi faktor-faktor mempengaruhi pergeseran kesetimbangan kimia. Instumen analisa data yang digunakan berupa angket validitas. Hasil penilaian terhadap masing-masing angket validitas dinilai menggunakan AikensV memperoleh skor rata-rata validitas konten, validitas konstruk, dan validitas ahli media 0,091;0,907;0,933 dengan kategori valid. Penelitian ini perlu dilakukan tindak lanjut berupa uji praktikalitas dan uji efektifitas untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifitasan media yang telah dikembangkan.Kata Kunci: Faktor-Faktor Mempengaruhi Pergeseran Kesetimbangan Kimia, Media Pembelajaran Powerpoint-iSpring, Pertanyaan Prompting, Plomp, Validitas.

References

Adawiyah, R., Masriani, M., & Putra, R. (2017). Deskripsi Kesalahan Konsep Siswa pada Materi Kesetimbangan Kimia di Sman 1 Teluk Keramat (Doctoral dissertation, Tanjung pura University).
Adelia, T., & Limanto, S. (2017). Pemanfaatan Multimedia sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa terhadap Materi Fisika Elektromagetik. Teknika, 6(1), 35-42.
Aiken, L. R. (1985). Three Coeffocoents For Analyzing The Realiability and Validity of Raitings. Educational and Psychological measurement. 45, Hal.131-142.
Akbar, A. (2017). Media ICT Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Powerpoint Interaktif Dan Ispring Presenter. Jurnal Terapan Abdimas, 2, 19-26.
Anzila, S. N. (2019). Identifikasi Miskonsepsi Siswa SMA Negeri 1 Banda Aceh Pada Materi Kesetimbangan Kimia Menggunakan Certainty of Response Index. ETDU nsyiah.
Aprilia, M. (2018).Pengaruh Penerapan E-modul Berbasis 3D Pageflip dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Ikatan Kimia.
Danim, S. (2010).Media Komunikasi Pendidikan: Pelayanan Profesional Pembelajaran dan Mutu Hasil Belajar Edisi 1 Cetakan 3. Jakarta: Bumi Aksara.
Guspatni, G., Andromeda, A., & Bayharti, B. (2018). Peningkatan Aktivitas Menjawab dan Kualitas Jawaban Mahasiswa dengan Pertanyaan Prompting pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Kimia. JURNAL EKSAKTA PENDIDIKAN (JEP), 2(1), 101-107.
Harahap, L. K. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash CS6 untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Siswa SMA pada Pokok Bahasan Kesetimbangan Kimia. Masters thesis, UNIMED.
Jacobsen.(2009). Methods for Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kemendikbud. (2017). Panduan Praktis Penyusunan e-modul Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.
Kunto, I., & Ariani, D. (2021). Ragam Storyboard untuk Produksi Media Pembelajaran. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 4(1), 108-120.
Monita, F. A., & Suharto, B. (2017). Identifikasi dan Analisis Miskonsepsi Siswa Menggunakan Three-Tier Multiple Choice Diagnostic Instrument pada Konsep Kesetimbangan Kimia. Quantum Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 7(1),
Nurhasanah, H. F. (2018). Analisis Pemahaman Siswa SMA pada Materi Kesetimbangan Kimia Menggunakan Metode Knowledge Space Theory (KST). Skripsi.Jurusan Kimia-Fakultas MIPA UM.
Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 8(1).
Plomp, T. (2007).Educational Design Research: An Introduction, dalam An Introduction to Educational Research. Enschede, Netherland: National Institute for Curriculum development.
Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.
Rikawati, R. (2009). Deskripsi Pemahaman Konseptual dan Pemahaman Algoritmik Materi Kesetimbangan Kimia pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Lawang. (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).
Sardiman. (2009). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sulistyowati, T., & Poedjiastoeti, S. (2013). Kelayakan Multimedia Interaktif Berbasis Intelekstual pada Materi Reaksi Kimia untuk Kelas X SMA. Unesa Journal of Chemical Education, 2(3).
Suyatno. (2009).Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka
Wahyuni, S. (2015). Desain Komunikasi Visual. Madura: UTM Press.
Published
2021-09-07
How to Cite
Zulmi, A., & Guspatni, G. (2021). Validitas Media Pembelajaran PowerPoint-iSpring Terintegrasi Pertanyaan Prompting pada Materi Faktor-faktor Mempengaruhi Pergeseran Kesetimbangan Kimia Kelas XI SMA/MA. Entalpi Pendidikan Kimia, 2(3), 29-38. https://doi.org/10.24036/epk.v2i3.181
Section
Articles