Pengembangan E-LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Larutan Penyangga untuk Siswa Kelas XI SMA/ MA

  • Retta Austina Tampubolon Padang State University
  • Desy Kurniawati Padang State University
  • Syamsi Aini Padang State University
  • Effendi Effendi Padang State University
Keywords: Guided Inquiry, E-LKPD, Buffer Solution, Plomp

Abstract

ABSTRACTThis study aims to generate and measure the value of the validity and practicality of the E-LKPD buffer solution. E-LKPD is prepared based on a guided inquiry model. The type of research used is Research and Development using the plomp development model. The research instrument was a content and construct validity sheet as well as a practicality questionnaire. The E-LKPD was validated by 2 chemistry lecturers at Padang State University and 1 chemistry teacher, as well as a practicality test (field test) through 15 students of class XI SMAN 4 Padang. The results of the study found that the guided inquiry-based worksheets had a high level of category validity (V=0.91) and the practicality level of students with a very practical category on the score (NP=90%). This research is recommended for further research in terms of testing the effectiveness of the products that have been developed.Keywords: Guided Inquiry, E-LKPD, Buffer Solution, Plomp ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan serta mengukur nilai validitas dan praktikalitasE-LKPD larutan penyangga. E-LKPD disusun berdasarkan model inkuiri terbimbing. Jenis penelitian yang digunakan ialah Reseacrh and Development memakai model pengembangan plomp. Instrumen penelitian berupa lembar validitas konten dan konstruk serta angket praktikalitas. E-LKPD divalidasi oleh 2 orang dosen kimia Universitas Negeri Padang dan 1 orang guru kimia, serta uji kepraktisan (uji lapangan) melalui 15 orang siswa kelas XI SMAN 4 Padang. Hasil penelitian menemukan bahwa LKPD berbasis inkuiri terbimbing memiliki tingkat validitas kategori tinggi (V=0,91) dan tingkat kepraktisan siswa dengan kategori sangat praktis pada nilai (NP=90%). Penelitian ini direkomendasikan untuk penelitian selanjutnya dalam hal uji efektivitas produk yang telah dikembangkan.Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, E-LKPD, Larutan Penyangga, Plomp.

References

Aiken, L. R (1985). Three Coefficients For Analyzing The Reliability And Validity Of Ratings. Educational and Psychological Measurement, 45, 131141. file:///D:/SKRIPSI/E-SKRIPSI/ejurnal/uji coba produk/validitas/33.pdf.
Alfiana, F. (2013). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Mata Pelajaran IPA. Malang: UniversitasNegeri Malang
Annafi, N., Ashadi, & Mulyani, S. (2015). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Termokimia Kelas XI SMA/MA. Jurnal Inkuiri, 4(3), 2128. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sains
Hanson, M. D. (2006). Instructors Guide to Process-Oriented Guided-Inquiry Learning. Pacific Crest, 160. http://www.pogil.org/uploads/media_items/pogil-instructor-s-guide-1.original.pdf
Imas, K. (2013). Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di dalam dan Luar Negeri (Studi Kasus Pembelajaran Teks Biografi di Sma Negeri 1 Surakarta dan Sekolah Indonesia Singapura) Mutiatus Sholihah, Kundharu Saddhono , Atikah Anindyarini. Univer. 6(5), 184199.
Iryani, S. H. (2020). Validitas dan Praktikalitas Modul Larutan Penyangga Berbasis Inkuiri Terbimbing Dilengkapi Soal-Soal Tipe HOTS The Validity and Practicality of Buffer Solution Module. Edukimia, 2(1), 3238.
Iryani, & Mawardi. (2016). Pengaruh Penggunaan Lks Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa untuk Materi Koloid Kelas XI SMAN 1 Batusangkar. Eksakta Vol. 1, 8289.
Maypalita, F. M., & Zainul, R. (2018). Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Larutan Penyangga terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMAN 5 Padang. 5. https://doi.org/10.31227/osf.io/j3fxc
Plomp, T., & Nieveen, N. (2007). An Introduction to Educational Design Research.
Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Bandung: CV Aditia Bakti.
Soekamto, H. (2020). Panduan Penyusunan Lembar Kegiatan Peserta Didik ​ (LKPD). February. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.35713.17766
Surjono, H. D., & Ph, D. (2007). Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Pengembangan Bahan Pembelajaran di SMA. Departemen Pendidikan Nasional.
Tita, N. A.,. Pengembangan Electronic Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) Berbasis Guided Inquiry Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan. Universitas Maritim Raja Ali Haji
Wahid, A. H., Muali, C., & Mutmainnah, M. (2018). Manajemen Kelas Dalam Menciptakan Suasana Belajar Yang Kondusif; Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 179. https://doi.org/10.31958/jaf.v5i2.1106
Yudiarta, P., & Jalmo, T. M. (2013). Mahasiswa Pendidikan Biologi Staf Pengajar 2 Staf Pengajar. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa, 212.
Published
2021-09-07
How to Cite
Tampubolon, R., Kurniawati, D., Aini, S., & Effendi, E. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Larutan Penyangga untuk Siswa Kelas XI SMA/ MA. Entalpi Pendidikan Kimia, 2(3), 58-66. https://doi.org/10.24036/epk.v2i3.184
Section
Articles