Validitas Media Pembelajaran PowerPoint-iSpring Terintegrasi Pertanyaan Prompting pada Materi Sel Volta Kelas XII SMA/MA

  • Ulfah Wahidah Putri
  • Guspatni Guspatni Universitas Negeri Padang
Keywords: PowerPoint-iSpring, Prompting Question, Voltaic Cell, Plomp

Abstract

ABSTRACTIn the 2013 curriculum, students are active, especially in finding concepts in the learning process. In addition, in the learning process, students are expected to be competent in using and utilizing Information and Communication Technology (ICT) as a medium in learning to improve the quality of learning.This study aims to develop PowerPoint-iSpring learning media on voltaic cell material for class XII SMA/MA. This research used ti determine the level of validity of the learning media that has been made. This develop media is integrated with question prompting that can help student find concepts. The type of research used is the development research using the Plomp model which concists of three stages: preliminary stage, prototyping stage, and assessment phase (this research was carried out until prototyping III stage). This learning media was validated by chemistry lectures, engineering lectures of FMIPA UNP and chemistry teachers at SMAN 4 Padang using instruments in the form of validation sheets. The results of the assessment on content validation, constructs, and media experts were processed using the Aiken's V formula with an average V value of 0.93; 0.94; 0.92 so it can be concluded that the learning media that has been developed is valid.Keywords: PowerPoint-iSpring, Prompting Question, Voltaic Cell, PlompABSTRAKPada kurikulum 2013 peserta didik dituntut aktif terutama dalam menemukan konsep dalam proses pembelajaran. selain itu, pada proses pembelajaran peserta didik diharapkan kompeten dalam menggunakan dan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai media dalam pembelajaran untuk dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran PowerPoint-iSpring pada materi sel volta kelas XII SMA/MA. Penelitian ini digunakan untuk menentukan tingkat validitas media pembelajaran yang telah dibuat. Media yang dikembangakan ini terintegrasi dengan pertanyaan prompting yang dapat membantu siswa dalam menemukan konsep. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian pengembangan (Development Research) dengan menggunakan model Plomp yang terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap penelitan pendahuluan (preliminary research), tahap prototipe (prototyping stage), dan tahap penilaian (assesement phase) (penelitian ini dilakukan sampai tahap prototipe III). Media pembelajaran ini divalidasi oleh dosen kimia FMIPA UNP, dosen FT UNP dan guru kimia SMAN 4 Padang dengan menggunakan instrumen berupa lembar validasi. Hasil penilaian terhadap validasi konten, konstuk, dan ahli media diolah menggunakan formula Aikens V dengan rata-rata nilai V secara berturut sebesar 0.93; 0.94; 0.92 sehingga dapat disimpulkan media pembelajaran yang telah dikembangkan valid.Kata Kunci: PowerPoint-iSpring, Pertanyaan Prompting, Sel Volta, Plomp

References

Alfiyansah, R. (2016). Penggunaan Media Pembelajaran I-Spring Presenter Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar pada Mata Kuliah Keperawatan Dasar Nutrisi. Pedagogia, 14(2), 363369. https://doi.org/10.17509/pedagogia.v14i2.3886
Asih, F. E., & Ibnu, S. (2018). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Penyajian Representasi Submikroskopik yang Berbeda terhadap Pemahaman Konseptual Siswa pada Materi Sel Volta. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan, 1998, 14341439.
Asih, F. E., Ibnu, S., & Suharti. (2018). Pengaruh karakteristik representasi submikroskopik terhadap keterampilan argumentasi siswa pada topik elektrokimia. 3(2), 19.
Damayanti, E. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Ispring Suite 8 terhadap Hasil Belajar Sejarah Kelas X Sma Negeri 5 Pontianak. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 16891699.
Farida, I. (2018). Bidang Kajian dan Penelitian Pendidikan Kimia. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Nomor 9).
Guspatni, G., Andromeda, A., & Bayharti, B. (2018). Peningkatan Aktivitas Menjawab dan Kualitas Jawaban Mahasiswa dengan Pertanyaan Prompting pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Kimia. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 2(1), 101. https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss1/128
Hadilka, M. L., & Guspatni, G. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint-iSpring Terintegrasi Pertanyaan Prompting pada Materi Sifat Keperiodikan Unsur Kelas X SMA/MA. Jurnal Entalpi Pendidikan Kimia Pengembangan, 2(1), 1118.
Himmah, F. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Ispring Suite 8 Pada Sub Materi Zat Aditif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VIII. Pensa: Jurnal Pendidikan Sains, 5(02), 7382.
Jayadiningrat, M. G., Tika, I. N., & Yuliani, N. P. (2017). Meningkatkan Kesiapan dan Hasil Belaar Siswa pada Pembelajaran Kimia Dengan Pemberian Kuis di Awal Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 712.
Kemendikbud. (2018). Permendikbud Nomor 36 Tahun 2018 Tentang Stuktur Kurikulum 2013 SMA-MA. Kemendikbud.
Martiningsih, R. (2018). The Increase of Set Learning Outcomes By Using iSpring Suite 8 Aplication. Teknodik, 22(1), 113. https://juliwi.com/published/E0104/Paper0104_104-117.pdf
Nurhidayati, Asrori, I., Ahsanuddin, M., & Dariyadi, M. W. (2019). Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint dan Pemanfaatan Aplikasi Android untuk Guru Bahasa Arab. Jurnal Karinov, 2(3), 181184. https://doi.org/10.17977/um045v2i3p181-184
Plomp, T. (2013). Educational Design Research: An Introduction. Netherlands Institute for Curriculum Development: SLO.
Prasetya, F. B., Subandi, & Munzil. (2017). Pengaruh Representasi Mikroskopik Dinamik dan Statik Melalui Strategi React Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Mahasiswa pada Materi Elektrokimia. Jurnal Pembelajaran Sains, 1(2), 2633.
Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Parama Publishing.
Rezeki, S. (2017). Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Novick. Jurnal SAP Vol. 1 No. 3, 1(3), 281291.
Rochma, V. A., & Ibrahim, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Ispring Suite 8 Pada Materi Bakteri Untuk Kelas X SMA. Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (Bioedu), 8(2), 312320.
Salfitri, A., & Guspatni, G. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint-iSpring Terintegrasi Pertanyaan Prompting pada Materi Ikatan Kimia Kelas X SMA/MA. Jurnal Entalpi Pendidikan Kimia, 2(1), 3846.
Wahyuni, T., & Widodo, W. (2017). Penggunaan LKS dan Model Pembelajaran Kooperative STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas XII Kimia Analisis 1 SMKN 1 Cerme Gresik Pada Materi Reaksi Redoks Dan Sel volta. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains, 1(2), 6978.
Winarti, A., Safitri, L., & Suharto, B. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Makroskopik-Submkroskopik-Simbolik Menggunakan Pendekatan Submikroskopik Pada Materi Larutan Asam Basa. Journal of Chemistry And Education, 4(1), 1623.
Yuniasih, N., Aini, R. N., & Widowati, R. (2018). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Ispring Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V di SDN Ciptomulyo 3 Kota Malang. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 8(2), 8594. https://doi.org/10.21067/jip.v8i2.2647
Published
2021-09-07
How to Cite
Putri, U., & Guspatni, G. (2021). Validitas Media Pembelajaran PowerPoint-iSpring Terintegrasi Pertanyaan Prompting pada Materi Sel Volta Kelas XII SMA/MA. Entalpi Pendidikan Kimia, 2(3), 49-57. https://doi.org/10.24036/epk.v2i3.185
Section
Articles