Integrasi Strategi Belajar Konflik Kognitif pada Bahan Ajar Digital Case-Based Learning Berbantu Video untuk Pembelajaran Mikro
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar digital berbantu video yang mengintegrasikan strategi belajar konflik kognitif pada model pembelajaran case-based learning mata kuliah pembelajaran mikro. Penerapan model pembelajaran case-based learning dimaksudkan agar produk yang dihasilkan sesuai dengan model pembelajaran pada kurikulum merdeka di perguruan tinggi. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian pengembangan dengan model pengembangan Plomp. Subjek penelitian yaitu mahasiswa yang mengampu mata kuliah pembelajaran mikro. Produk hasil penelitian dilakukan uji validitas dan uji kelayakan produk agar dapat dimanfaatkan sebagai referensi pembelajaran. Pengemasan bahan ajar bentuk digital bertujuan agar lebih user friendly saat digunakan oleh pendidik ataupun peserta belajar melalui learning management system (LMS) universitas. Penerapan model pembelajaran yang nantinya akan diimplementasikan pada bahan ajar digital dilengkapi dengan strategi belajar konflik kognitif untuk melatih kemampuan berpikir kritis peserta belajar melalui video pembelajaran kontekstual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar digital yang dikembangkan dinyatakan valid dan layak untuk dijadikan referensi dalam pembelajaran mikro.References
Fatimah, N., Gunawan, & Wahyudi. (2016). Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Strategi Konflik Kognitif Terhadap Penguasaan Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Siswa Kelas XI SMKN 1 Lingsar Tahun Pelajaran 2015 / 2016. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(4), 183–190.
Gitnita, S., Kamus, Z., & Gusnedi. (2018). Analisis Validitas, Praktikalitas, dan Efektivitas Pengembangan Bahan Ajar Terintegrasi Konten Kecerdasan Spiritual pada Materi Fisika Tentang Vektor dan Gerak Lurus. Pillar of Physics Educaton, 11(2), 153–160.
Labobar, H., Setyosari, P., Degeng, I. N. S., & Dasna, I. W. (2017). The Effect of Cognitive Conflict Strategy to Chemical Conceptual Change. International Journal of Science and Research (IJSR) ISSN, 6(4), 2350–2352. https://doi.org/10.21275/ART20172970
Ledger, S., & Fischetti, J. (2020). Micro-teaching 2.0: Technology as the classroom. Australasian Journal of Educational Technology, 36(1), 37–54. https://doi.org/10.14742/ajet.4561
Nasution, T., Meliani, F., Purba, R., Saputra, N., & Herman, H. (2023). Participation Performance of Students’ Basic Teaching Skills in Microteaching. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(2), 2441–2448. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i4.2307
Okta, J. D., Yunarti, Y., Kuswanto, J., Wijaya, J. E., & Qosim, A. (2023). Media pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi lectora inspire mata kuliah pembelajaran mikro. Jurnal Ilmiah Betrik, 14(02), 298–304.
Önal, A. (2019). An exploratory study on pre-service teachers’ reflective reports of their video-recorded microteaching. Journal of Language and Linguistic Studies, 15(3), 806–830. www.jlls.org
Pratiwi, E. (2019). Characteristics of Students ’ Cognitive Conflict in Solving a Problem Based on Information Processing Theory. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 18(2), 76–88. https://doi.org/https://doi.org/10.26803/ijlter.18.2.6
Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian (Panduan Peneliti, Mahasiswa dan Psikometrian). Parama Pblishing.
Sadikin, A. (2020). Pembelajaran Mikro. Salim Media Indonesia.
Setiawan, I., & Mulyati, S. (2018). Efektivitas mata kuliah pembelajaran mikro (microteaching) terhadap keterampilan dasar mengajar dan kesiapan mengajar. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 15(02), 51–60. https://doi.org/10.25134/equi.v15i02.1619
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Syafi’i, M. (2014). Impilikasi pembelajaran mikro dalam pengembangan keterampilan mengajar di madrasah. Religi: Jurnal Studi Islam, 5(2), 228–250.
Windyantika, N., & Ngazizah, N. (2021). Evaluasi keterampilan memberi penguatan oleh mahasiswa PGSD semester vi mata kuliah pembelajaran mikro pada materi tema 6 kelas 5 SD. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 2(2), 214–217. https://doi.org/10.51494/jpdf.v2i2.456
Copyright toward articles published by Entalpi Pendidikan Kimia is hold by Entalpi Pendidikan Kimia. In the other side, Entalpi Pendidikan Kimia also applied CC Attribution 4.0 which means you could 1) share — copy and redistribute the material in any medium or format; and 2) adapt — remix, transform, and build upon the material; for any purpose, even commercially. As long as you give us attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use. Entalpi Pendidikan Kimia also applied Open Access toward each published articles, so the published content will be available freely for public.