Efektivitas Penggunaan E-Modul Larutan Penyangga Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik

  • Ihsan Fauzi Akbarianto Universitas Negeri Padang
  • Iryani Iryani Universitas Negeri Padang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan e-modul pada materi larutan penyangga yang berbasis masalah terhadap hasil belajar peserta didik. E-Modul Larutan penyangga berbasis masalah ini telah diuji validitas daan pratikalitasnya, namun belum diuji efektivitasnya. Metode yang digunakan Pada penelitian ini ialah pra- eksperimen dengan menggunakan teknik purposive sampling, dimana kelas XI Fase F3 yang berjumlah 33 orang sebagai subjek penelitian. Untuk istrumen penelitian ini berupa soal pretest dan posttest. Data peningkatan nilai pretest dan posttest terhadap peserta didik memiliki variansi yang homogeny serta berdistribusi normal. Berdasarkan uji paired t-test dengan taraf α = 0,05, diperoleh t-hitung (22,005) > t-tabel (1,694), hal ini menunjukan adanya peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik. Hasil uji N-gain yang berdasarkan hasil belajar peserta didik menunjukkan skor sebesar 0,718 yang dikategorikan tinggi.oleh karena itu, e-modul larutan penyangga berbasis masalah efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Published
2024-08-10
How to Cite
Akbarianto, I., & Iryani, I. (2024). Efektivitas Penggunaan E-Modul Larutan Penyangga Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Entalpi Pendidikan Kimia, 5(2), 1-9. https://doi.org/10.24036/epk.v5i2.478
Section
Articles