Efektivitas Penggunaan E-Modul Larutan Penyangga Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan e-modul pada materi larutan penyangga yang berbasis masalah terhadap hasil belajar peserta didik. E-Modul Larutan penyangga berbasis masalah ini telah diuji validitas daan pratikalitasnya, namun belum diuji efektivitasnya. Metode yang digunakan Pada penelitian ini ialah pra- eksperimen dengan menggunakan teknik purposive sampling, dimana kelas XI Fase F3 yang berjumlah 33 orang sebagai subjek penelitian. Untuk istrumen penelitian ini berupa soal pretest dan posttest. Data peningkatan nilai pretest dan posttest terhadap peserta didik memiliki variansi yang homogeny serta berdistribusi normal. Berdasarkan uji paired t-test dengan taraf α = 0,05, diperoleh t-hitung (22,005) > t-tabel (1,694), hal ini menunjukan adanya peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik. Hasil uji N-gain yang berdasarkan hasil belajar peserta didik menunjukkan skor sebesar 0,718 yang dikategorikan tinggi.oleh karena itu, e-modul larutan penyangga berbasis masalah efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.Copyright toward articles published by Entalpi Pendidikan Kimia is hold by Entalpi Pendidikan Kimia. In the other side, Entalpi Pendidikan Kimia also applied CC Attribution 4.0 which means you could 1) share — copy and redistribute the material in any medium or format; and 2) adapt — remix, transform, and build upon the material; for any purpose, even commercially. As long as you give us attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use. Entalpi Pendidikan Kimia also applied Open Access toward each published articles, so the published content will be available freely for public.