Validitas E-Modul Larutan Penyangga Berbasis Problem Based Learning (PBL) Terintegrasi Teaching at The Right Level (TaRL) Fase F Kelas XI
Abstract
Perkembangan teknologi berperan penting dalam pendidikan, salah satunya adalah dengan mengembangkan modul berbasis elektronik yang mempermudah penggunanya. Dibutuhkan implementasi modul yang memanfaatkan teknologi untuk mendukung proses pembelajaran peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk menentukan validitas dari e-modul. E-modul dikembangkan dengan model plomp dari Educational Design Research (EDR). Tahap penelitian pendahuluan, tahap prototipe, dan tahap penilaian merupakan tiga tahapan model Plomp, namun penelitian ini dibatasi pada prototipe III. Validasi e-modul menggunakan instrumen berupa angket yang terdiri dari aspek kelayakan isi, penyajian, kegrafisan, dan kebahasaan. Hasil validasi dari 5 validator menunjukkan persentase sebesar 0,89 untuk kelayakan isi, sebesar 0,91 untuk validasi konstruk, dan 0,90 untuk validitas media sehingga produk yang dikembangkan berupa e-modul berbasis PBL terintegrasi TaRL yang dihasilkan dapat dikatakan layak untuk digunakan.References
Ahmad, I., & Setiadi, Y. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Pendekatan Teaching At The Right Level Model Problem Based Learning Berbantuan LKPD Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X-4 Di SMA Negeri 74 Jakarta. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar.
Ardiningsih, D. (2019). Pengembangan Game Kuis Interaktif Sebagai Instrumen Evaluasi Formatif Pada Mata Kuliah Teori Musik. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(1), 92–103. https://doi.org/10.21831/jitp.v6.1.17725
Arends, l richard. (2012). Learning to Teach.
Asri, A. S. T., & Dwiningsih, K. (2022). Validitas E-Modul Interaktif sebagai Media Pembelajaran untuk Melatih Kecerdasan Visual Spasial pada Materi Ikatan Kovalen. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 465–473. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.465-473
Cahyono, S. D. (2022). Melalui Model Teaching at Right Level (TARL) Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan KD. 3.2/4.2 Topik Perencanaan Usaha Pengolahan Makanan Awetan dari Bahan Pangan N. Jurnal Pendidikan Tambusai.
Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Direktorat Pendidikan Sekolah Menengah Atas
Effendi, N., & Iryani, I. (2023). Validitas E-Modul Larutan Penyangga Berbasis Masalah. Entalpi Pendidikan Kimia.
Fauzi, M. A. R., Azizah, S. A., & Atikah, I. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi sebagai Implementasi Paradigma Baru Pendidikan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.47134/jtp.v1i1.38
Fitriyah, & Bisri, M. (2023). Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian. Jurnal Review Pendidikan Dasar, 9(2). http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD
Gulo, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 334–341. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.58
Harta, I., Yani Tromol Pos, J. A., & Kartasura, P. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 161–174. http://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras
Hermawan, A. (2014). Mengetahui Karakteristik Peserta Didik untuk Memaksimalkan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Karakter, 14–25.
Indrayana, I. P. T., Manik, S. E., Lisnasari, S. F., Herlina, R., & Suryaningsih, N. M. A. (2022). Penerapan Strategi dan Model Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka.
Jasri Djangi, M. (2021). Kesulitan Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA 3 SMAN 3 Maros pada Materi Larutan Penyangga.
Kaimuddin, P. N., Jusniar, & M Rahmawati. (2023). Optimalisasi Pencapaian Pembelajaran Kimia melalui Pendekatan Teaching at the Right Level dan Metode Tutor Sebaya. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5.
Kemendikbud (2017). (n.d.). Panduan Praktis Penyusunan E-Modul 2017.
Musafir, A., Kapahang, A., & Kumajas, J. (2021). Penggunaan Media Video dan Powerpoint Pada Mata Pelajaran Kimia Materi Larutan Penyangga Dalam Pembelajaran Daring. Journal Of Chemistry Education, 3(2), 97–101. https://doi.org/10.37033/ojce.v3i2.297
Nisa, H. A., Mujib, M., & Putra, R. W. Y. (2020). Efektivitas E-Modul dengan Flip Pdf Professional Berbasis Gamifikasi Terhadap Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(02), 13–25. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr
Oktavia, G., Anwar, M., & Minggu, A. (2023). Penerapan Pendekatan TaRL pada Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(3).
Redhana, W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), 2239–2253.
Redy Winatha, K., Suharsono, N., & Agustini, K. (2018). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2),188.https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/issue/view/851
Rindayati, E., Putri, C. A. D., & Damariswara, R. (2022). Kesulitan Calon Pendidik dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 18–27. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.104
Sanjiwani, N., Iw, M., & Ik, S. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Pada Materi Larutan Penyangga di SMA Negeri 2 Banjar. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 2(2).
Sariati, N. K. , S. I. N. , & W. N. M. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa Kelas XI pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Ilmiah Pendidikan & Pembelajaran, 86–97
Sinaga, B. (2008). Paradigma Lama Kontra Paradigma Baru. In GENERASI KAMPUS (Vol. 1, Issue 2).
Sufyadi, S., Lambas, Rosdiana, T., Rochim, F. A. N., & Novrika, S. (2021). Pembelajaran Paradigma Baru. In Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan 2021
Copyright toward articles published by Entalpi Pendidikan Kimia is hold by Entalpi Pendidikan Kimia. In the other side, Entalpi Pendidikan Kimia also applied CC Attribution 4.0 which means you could 1) share — copy and redistribute the material in any medium or format; and 2) adapt — remix, transform, and build upon the material; for any purpose, even commercially. As long as you give us attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use. Entalpi Pendidikan Kimia also applied Open Access toward each published articles, so the published content will be available freely for public.