Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Larutan Penyangga melalui Implementasi E-LKPD berbasis Discovery Learning Terintegrasi Live Worksheets
Abstract
Metode pembelajaran konvensional dan kurangnya inovasi dalam pembelajaran berdampak pada rasa bosan dan kurangnya keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran. Kurangnya keaktifan disebabkan oleh rendahnya motivasi yang ada dalam diri mereka, sehingga dapat berdampak pada kurang maksimalnya hasil belajar. Permasalahan tersebut menuntut adanya inovasi yang mampu meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik. Inovasi yang diberikan berupa implementasi E-LKPD berbasis Live Worksheets dengan model discovery learning terhadap materi larutan penyangga. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa lembar observasi dan tes, dengan subjek penelitian kelas XI sebanyak 36 peserta didik. Analisis data pada penelitian tindakan kelas dalam kerangka lesson study ini dilakukan dengan menggunakan teknik kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian ini adalah pada siklus I, persentase motivasi belajar dan peserta didik yang memenuhi KKM berturut-turut adalah 27,78% dan 63,89%. Siklus II, persentase motivasi belajar dan peserta didik yang memenuhi KKM adalah 41,67% dan 72,22%. Selanjutnya, siklus III, persentase motivasi belajar dan peserta didik yang memenuhi KKM berturut-turut adalah 80,56% dan 86,11%. Secara keseluruhan, implementasi E-LKPD berbasis Live Worksheets dengan model discovery learning ini terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada materi larutan penyangga.References
Annisa, & Sholeha, D. (2021). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Discovery Learning. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 218–225.
Cahyaningtyas, D., Wardani, N. S., & Yudarasa, N. S. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar dan Sikap Kerjasama Siswa Melalui Penerapan Discovery Learning. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(1), 59–67. https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i1.p59-67
Daryanto, J., Rukayah, R., Sularmi, S., Budiharto, T., Atmojo, I. R. W., Ardiansyah, R., & Saputri, D. Y. (2022). Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Pemanfaatan Media LKPD Interaktif Berbasis Liveworksheet Pada Masa Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 3(2), 319–326. https://doi.org/10.33394/jpu.v3i2.5516
Desi, G. L., & Hani, I. (2020). Literature Review: Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Dan Motivasi Siswa Pada Materi Biologi Melalui Model Pembelajaran Guided Inquiri. BIOMA: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 2(2), 51–59. https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/bioma/article/view/861
Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman, 1–17.
Gulo, A. (2022). Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Ekosistem. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 307–313. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.54
Indriani, S., Nuryadi, & Hetty Marhaeni, N. (2021). Student’s Worksheet Design Assisted with Liveworksheets to Improve Student’s Concept Understanding Skills on Quadrilaterals and Triangles. MULTIDISCIPLINE- International Conference 2021 , 1(1), 462–469.
Junaedi, D. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Discovery untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1), 55–60. https://doi.org/https://doi.ord/10.31949/educatio.v6i1.209
Mambu, J. G. Z., Pitra, D. H., Rizki, A., Ilmi, M., Nugroho, W., Leuwol, N. V, Muh, A., & Saputra, A. (2023). Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence (AI) Dalam Menghadapi Tantangan Mengajar Guru di Era Digital. Journal on Education, 06(01), 2689–2698.
Rani Nurafriani, R., & Mulyawati, Y. (2023). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Liveworksheet Pada Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 3. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(1), 404–414. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i1.711
Sasingan, M., & Wote, A. Y. V. (2022). Penggunaan Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1), 42–47. https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.40604
Sudirama, P. P., Japa, I. G. N., & Yasa, L. P. Y. (2021). Pembelajaran Discovery Learning Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(2), 165–173. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.36868
Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. (2022). Penelitian tindakan kelas. Di akses pada 2 Mei 2025.
Yogi Fernando, Popi Andriani, & Hidayani Syam. (2024). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61–68. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843
Copyright toward articles published by Entalpi Pendidikan Kimia is hold by Entalpi Pendidikan Kimia. In the other side, Entalpi Pendidikan Kimia also applied CC Attribution 4.0 which means you could 1) share — copy and redistribute the material in any medium or format; and 2) adapt — remix, transform, and build upon the material; for any purpose, even commercially. As long as you give us attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use. Entalpi Pendidikan Kimia also applied Open Access toward each published articles, so the published content will be available freely for public.