Pengembangan Permainan Scrabble Kimia sebagai Media Chemo Edutainment pada Materi Hidrokarbon Kelas XI IPA SMA/MA

  • Oktaviaroza Oktaviaroza
  • Effendi Effendi

Abstract

Hidrokarbon menjadi salah satu materi wajib yang diajarkan kepada peserta didik kelas XI IPA SMA/MA. Pelajaran hidrokarbon meliputi aspek faktual, konseptual, dan prosedural. Tujuan dari penelitian ini sebagai upaya pengembangan media yang berfungsi membantu siswa memantapkan konsep melalui latihan dengan penggunaan permainan Scrabble Kimia sebagai suatu metode chemo-edutainment. Jenis penelitian yang digunakan yaitu R & D (Research and Development) dengan 4-D models yaitu (1) Define (Pendefinisian), (2) Design (Perancangan), (3) Develop (Pengembangan) dan (4) Disseminate (Penyebaran). Penelitian ini dilkukan sampai tahap develop dengan pengujian validitas dan praktikalitas. Uji validitas dilakukan pada 5 orang validator. . Sedangkan tingkat Praktikalitas diujikan pada dua orang guru kimia dan 10 orang siswa kelas XI IPA SMAN 1 Enam Lingkung. Instrument penelitian yang dipakai adalah angket untuk penentuan validitas dan praktikalitas. Sedangkan teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui pengisisan angket dan analisis data memakai rumus Aiken V. Data yang telah dianalisis didapatkan tingkat validitas permainan scrabble kimia sebesar 0,85 dengan kategori valid dan tingkat praktikalitas sebesar 0,89 pada guru dan 0,94 pada siswa dengan kategori praktis. Berdasarkan hal tersebut disimpulkan bahwa permainan scrabble kimia sebagai media chemo edutainment pada materi hidrokarbon yang dikembangkan sudah valid juga praktis digunakan pada pembelajaran Kimia , khususnya pada materi Hidrokarbon.
Published
2020-11-12
How to Cite
Oktaviaroza, O., & Effendi, E. (2020). Pengembangan Permainan Scrabble Kimia sebagai Media Chemo Edutainment pada Materi Hidrokarbon Kelas XI IPA SMA/MA. Entalpi Pendidikan Kimia, 1(1). https://doi.org/10.24036/epk.v1i1.54
Section
Articles