Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint-iSpring Terintegrasi Pertanyaan Prompting pada Materi Hidrokarbon Kelas XI SMA
Abstract
ABSTRACTInteractive learning media are able to make students active and increase learning independence so that they can support the demands of the 2013 curriculum in the learning process. The purpose of this study was to develop an integrated PowerPoint-iSpring learning media for prompting questions on hydrocarbon material. The Plomp model is the research model selected for development research, but the research stage is limited to the prototype III stage, that is expert review and one to one evaluation. The media assessment was assessed by five material expert validators who assessed the validation of media content and constructs, and three media expert validators who assessed media technicalities. The data collection instruments consisted of interview guide sheets, content validation questionnaires, constructs and media experts. The results of the assessment of each questionnaire were analyzed using the Aikens'V formula. The value of V on content, construct and media technical validation is 0.93 respectively; 0.93; 0.94 so that it can be concluded that the PowerPoint-iSpring learning media integrated prompting questions on hydrocarbon materials that have been developed is valid.Keywords:PowerPoint-iSpring, Prompting Question, Hydrocarbon, PlompABSTRAKMedia pembelajaran interaktif mampu membuat siswa aktif dan meningkatkan kemandirian belajar sehingga dapat mendukung tuntutan kurikulum 2013 pada proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran PowerPoint-iSpring terintegrasi pertanyaan prompting pada materi hidrokarbon. Model Plomp merupakan model penelitian yang dipilih pada penelitian pengembangannamun tahapan penelitian dibatasi sampai tahapprototype III yakni penilaian expert review dan one to one evaluation. Penilaian pada media dinilai oleh lima validator ahli materi yang menilai validasi konten dan konstruk media, serta tiga validator ahli media yang menilai teknis media. Instumen pengumpulan data terdiri dari lembar pedoman wawancara, angket validasi konten, konstruk dan ahli media.Hasil penilaian terhadap masing-masing angket dianalisis dengan formula AikensV.Diperolehnilai V pada validasi konten, konstruk dan teknis media secara berturut turut sebesar 0.93; 0.93; 0.94sehingga dapat disimpulkan media pembelajaran PowerPoint-iSpring terintegrasi pertanyaan prompting pada materi hidrokarbon yang telah dikembangkan valid.Kata Kunci:PowerPoint-iSpring, Pertanyaan Prompting, Hidrokarbon, PlompReferences
Aiken, L. R. (1985) Three Coefficients For Analyzing The Reability, and Validity of Ratings. Educational and Psychology Measurement, 45 131-142
Anwar, C. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Probing Prompting dengan Media Gambar untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI. Islamic Religion Teaching and Learning Journal, Vol 2, No. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/atthulab/article/view/2721/1757
Atmawarni. (2011). Penggunaan Multimedia Interaktif Guna Menciptakan Pembelajaran yang Inovatif Di Sekolah. Jurnal Ilmu Sosial, 4 no 1(April 2011), 2027.
Bimo, D. S. (2016). Langkah Praktis Pembuatan Media Presentasi yang Efektif dan Interaktif untuk Pembelajaran. Jurnal Universitas Terbuka Convention Center, November, 324340.
Fakhrurrazi, M., Masykuri, M., & Sarwanto. (2017). Analisis Pembelajaran Kimia pada Materi Pokok Hidrokarbon dan Minyak Bumi. Seminar Nasinal Pendidikan Sains, 21(10), 167171.
Faradila, S. P., & Aimah, S. (2018). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMA N 15 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Unimus, 1(2005), 508512.
Fitriatun, E. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa dengan Mempertimbangkan Kemandirian Belajar (Studi Ekperimen Di SD Negeri Karang Tengah 4 Tanggerang). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 16891699.
Fitriyani, D., Tantowi, & Basri, M. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Power Point Terhadap Minat Belajar Sejarah Siswa. Pendidikan Unila, 01.
Guspatni, G., Andromeda, A., & Bayharti, B. (2018). Peningkatan Aktivitas Menjawab dan Kualitas Jawaban Mahasiswa dengan Pertanyaan Prompting pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Kimia. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 2(1), 101. https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss1/128
Hamzah, A. A., Syarief, A., & Mustikadara, I. S. (2012). Pengaruh Tampilan Visual Terhadap Motivasi Belajar Berdasarkan Kategori Website E-Learning. Aplikasi Teknologi Informasi, 2012(Snati), 1516.
Harmon. (2011). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Pokok Hidrokarbon di Kelas X SMAN 4 Bukittinggi. Masters Thesis, Universitas Negeri Padang.
Hernawati, K. (2010). Modul Pelatihan Ispring Presenter. Teknologi Pendidikan, 05(01), 18. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/kuswari-hernawati-ssi-mkom/modul-ispring-presenter.pdf
Indah, D. (2015). Implementasi Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi. BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 3.
Jalius, E. (2021). Pengembangan Program Pembelajaran. Padang; UNP Press.
Jaya, F., & Arnilya, L. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio-Visual dengan Microsoft PowerPoint Terhadap Keaktifan dan Pemahaman Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Sosiologi Ddi MA NU Islamiah Asembagus. Pendidikan Sains Dan Teknologi, 6(2), 114.
Kemendikbud. (2013). Pembelajaran Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Kimia dengan Pendekatan Saintifik. Jakarta; Menteri Pendidikan dan Kebudayaan PSMA
Kharisma, K. (2019). Identifikasi Motivasi dan Kepuasan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Kimia Menggunakan Macromedia Flash. Inovasi Kimia dan Pembelajarannya Era Industri 4.0, November, 325335.
Khotimah. (2012). Pemanfaatan PowerPoint Terintegrasi dengan I-Spring Presenter sebagai Media Pembelajaran ICT. Pemanfaatan Powerpoint Terintegrasi dengan I-Spring Presenter Sebagai Media Pembelajaran ICT, 7(6), 125.
Kumala, E., & Mahdian. (2015). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Probing Prompting pada Materi Hidrokarbon Kelas X Di Sma Pgri 6 Banjarmasin Ellis Kumala Devi dan Mahdian Pendidikan Kimia Jurusan FKIP Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 6(2), 2331.
Lasmo, S. R., Bektiarso, S., & Harijanto, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Teknik Probing-Prompting terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(2), 162167.
Marzoan. (2014). Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dalam Perspektif Kurikulum 2013 Marzoan STKIP Hamzar Lombok Utara Lokok Aur Desa Karang Bajo Kec . Bayan Kab. Lombok Utara 83354 Role Of Information and Communication Techn. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(1), 8189.
Mawar, M., Purwaning, I., & Hidayah, F. F. (2019). Deskripsi Kesalahan Siswa Dalam Memberi Nama Senyawa Hidrokarbon Jenuh dan Tak Jenuh. Unimus, 320326.
Mayasari, Y. (2014). Penerapan Teknik Probing-Prompting dalam Pembelajarn Matematika Siswa Kelas VIII MTSN Lubuk Buaya Padang. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 5661.
Muliawati. (2011). Identifikasi Konsepsi Siswa dan Analisis Proses Pembelajaran Hidrokarbon di Kelas X SMA PGRI 1 Padang. Masters Thesis, Universitas Negeri Padang.
Miranda, E. (2012). Analisis Proses Pembelajaran Senyawa Hidrokarbon di Kelas X SMA 1 Banuhampu Kabupaten Agam. Masters Thesis, Universitas Negeri Padang.
Miftah, M. (2013). Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, 1(2), 95. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v1i2.7
Muthmainnah, M., Hapizah, H., & Somakim, S. (2019). Penerapan Strategi Probing Prompting dalam Pembelajaran Matematika Materi Relasi dan Fungsi di SMP. Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 27–37. https://doi.org/10.36706/jls.v1i1.9567
Nazmi, M. (2017). Penerapan Media Animasi untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pembelajaran Geografi di SMA PGII 2 Bandung. Jurnal Pendidikan Geografi, 17(April), 48–57.
Plomp, T. (2013). Educational Design Research.
Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Putri, S., N. L. (2015). Analisis Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi sebagai Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa. Konferensi Nasional Sistem & Informatika, 891–895.
Rahman, T. (2013). Efek Pertanyaan Pengarah dalam Pembelajaran Sains Terhadap Penguasaan Konsep pada Siswa SLTP. Analisis Pendapatan dan Tingkat Kesejahteraan Rumah Tangga Petani, 53(9), 1689–1699.
Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Parama Publishing.
Sapriyah. (2019). Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 470–477.
Sundari, N. (2016). Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Edu Humaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 5(1). https://doi.org/10.17509/eh.v5i1.2836
Sunyono. (2009). Identifikasi Masalah Kesulitan dalam Pembelajaran Kimia SMA Kelas X di Propinsi Lampung. Journal Pendidikan MIPA (JPMIPA), 10(2), 9–18.
Suprapti, E. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Kooperatif Tipe STAD dengan Media Powerpoint Ispring pada Materi Jajargenjang, Layang-Layang dan Trapesium di Kelas VII SMP. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 1(1), 57. https://doi.org/10.30651/must.v1i1.98
Surakarta, S., Susanto, H., & Rachmedita, V. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbantuan Ispring Suite 6 . 2 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas Xi Ips. 2(1), 82–99.
Suratman, D. (2007). Pemanfaatan Ms Power Point Dalam Pembelajaran.Jurnal Cakrawala Kependidikan, Vol. 5. No, 1–10.
Syafriani, D., Noer, A. M., Kelas, D. I., Mipa, X. I., & Kampar, S. (2017). the Application of Learning Media Hydrocarbon Based Aurora 3D Presentation To Improve the Students Learning Achievement in Xi Mipa Class Sman 1 Kampar Penerapan Media Pembelajaran Hidrokarbon Berbasis Aurora 3D Presentation Untuk Meningkatkan Prestasi Bel. 1–13.
Tani, S., & Ekawati, Y. E. (2017). Peningkatan Kemandirian Belajar Peserta Didik pada Materi Teori Kinetik Gas Melalui Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis iSpring Suite 8. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 7(2), 13–16.
Trisdiono, H. (2015). Pembelajaran Aktif dan Berpusat pada Siswa sebagai Jawaban Atas Perubahan Kurikulum dan Pelaksanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Widyaiswara LPMP D.I. Yogyakarta, 1(1), 1–13.
Yunita, D., & Wijayanti, A. (2017). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Keaktifan Siswa. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 153–160. https://doi.org/10.30738/sosio.v3i2.1614
Copyright toward articles published by Entalpi Pendidikan Kimia is hold by Entalpi Pendidikan Kimia. In the other side, Entalpi Pendidikan Kimia also applied CC Attribution 4.0 which means you could 1) share — copy and redistribute the material in any medium or format; and 2) adapt — remix, transform, and build upon the material; for any purpose, even commercially. As long as you give us attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use. Entalpi Pendidikan Kimia also applied Open Access toward each published articles, so the published content will be available freely for public.