Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli Kimia Pada Materi Laju Reaksi Kelas XI SMA/MA

  • Intan Selvi Miranda
  • Fauzana Gazali

Abstract

Penelitian ini bertujuan menciptakan media permbelajaran dalam bentuk permainan monopoli kimia pada materi laju reaksi yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4D dengan tahapan: (1) define (pendefenisian), (2) design (perancangan), (3) develop (pengembangan). Penelitian ini dibatasi pada tahap pengembangan (Develop). Objek penelitian  media pembelajaran ini   divalidasi oleh 5 validator yaitu 3 dosen kimia dan 2 guru SMA. Instrumen penelitian ini juga berupa angket yang terdiri dari lembar validasi. Data dianalisis menggunakan skala Aiken V. Dari analisis data, diperoleh hasil bahwa media pembelajaran permainan monopoli kimia pada materi laju reaksi memiliki tingkat validitas yang tinggi dengan skala Aikens sebesar 0,82. Berdasarkan hasil validitas yang telah dilakukan, diperoleh bahwa permainan monopoli kimia pada materi laju reaksi untuk tingkat XI SMA valid dan praktis.
Published
2021-02-28
How to Cite
Miranda, I., & Gazali, F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli Kimia Pada Materi Laju Reaksi Kelas XI SMA/MA. Entalpi Pendidikan Kimia, 2(1), 32-37. https://doi.org/10.24036/epk.v2i1.104
Section
Articles