Pengembangan Permainan Tic-Tac-Chem Sebagai Media Pembelajaran Kimia pada Materi Hukum-Hukum Dasar Kimia Kelas X SMA/MA

  • Selfi Monica Aura
  • Fajriah Azra

Abstract

Permainan Tic-Tac-Chem merupakan media pembelajaran yang berguna sebagai latihan untuk memperkuat pemahaman “hukum-hukum dasar kimia” peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media permainan Tic-Tac-Chem menjadi media pembelajaran kimia terhadap hukum-hukum dasar kimia dan menentukan tingkat validitas serta  praktikalitasnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) yang menggunakan model pengembangan 4-D, yaitu fase define, design, develop,dan disseminate. Pengembangan permainan Tic-Tac-Chem terbatas pada fase develop dengan melakukan pengujian validitas dan praktikalitasnya. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket  validasi  dan  angket  praktikalitas. Validasi  dilakukan  oleh  lima orang validator. Sementara itu, praktikalitas dilakukan oleh 20 orang peserta didik kelas XI dan dua orang guru kimia. Teknik analisa data menggunakan Aiken’s V dan % Praktikalitas. Hasil uji validitas media memiliki Aiken’s V (V) dengan kategori valid yaitu 0,81. Untuk hasil uji kepraktisan % Praktikalitas (P) media sebesar 87% termasuk dalam kategori sangat praktis. Dengan demikian permainan chemmon dikatakan valid dan praktis sebagai media pembelajaran kimia untuk mempelajari“hukum-hukum dasar kimia”.
Published
2021-03-10
How to Cite
Aura, S., & Azra, F. (2021). Pengembangan Permainan Tic-Tac-Chem Sebagai Media Pembelajaran Kimia pada Materi Hukum-Hukum Dasar Kimia Kelas X SMA/MA. Entalpi Pendidikan Kimia, 2(1), 97-107. https://doi.org/10.24036/epk.v2i1.134
Section
Articles